Petakan Masalah Sosial Sampai ke Desa

Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Kapolda Irjen Pol Priyo Widyanto dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto.(dok humasprov kaltim)

SAMARINDA – Tiga pilar keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sebagai instansi terdepan dalam menciptakan kondisi yang kondusif di daerah perlu mengoptimalkan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) dalam masyarakat. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada apel Tiga Pilar Kamtibmas 2018 di halaman Sekolah Kepolisian Negara Polda Kaltim Balikpapan, Senin (4/6).

Menurut dia, tiga pilar kamtibmas yang terdiri Bhabinkamtibmas Polda Kaltim, Babinsa Kodam VI Mulawarman dan pemerintah daerah dengan unsurnya Lurah dan Kades diharapkan mampu mendeteksi masalah sosial di wilayahnya dengan baik. “Tiga pilar ini harus mampu memetakan permasalahan sosial di desa/kelurahan,” katanya.

Pemetaan permasalahan yang mungkin terjadi itu lanjutnya, sangat penting sebagai upaya deteksi dini (early warning) kondisi di suatu lingkup wilayah terkecil baik kelurahan atau desa. Berdasarkan hasil pemetaan permasalahan sosial itulah ungkap Awang, tentu akan mudah diambil langkah-langkah antisipatif agar tidak terjadi permasalahan lebih besar bahkan konflik.

Lagi pula ujarnya, menciptakan kondisi yang kondusif  mulai dari tingkat kelurahan dan desa sudah menjadi tugas pokok tiga pilar dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat. “Tiga pilar Kamtibmas harus meningkatkan kewaspadaan dengan mengoptimalkan pengawasan serta komunikasi yang baik dengan memberdayakan seluruh komponen terkait dan masyarakat,” harapnya.

Gubernur mengungkapkan masyarakat tidak ingin kejadian beberapa waktu lalu maupun peristiwa terorisme dan radikalisme di daerah lain terjadi di Kaltim. Oleh karena itu, kewaspadaan dan deteksi dini sangat perlu dilakukan secara optimal terlebih menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 ini. “Antisipasi pengamanan harus kita lakukan saat Ramadan dan Idul Fitri. Juga, Pilkada serentak 27 Juni mendatang dengan berbagai tahapannya termasuk Pemilihan Legeslatif dan Pilpres 2019,” harap Awang Faroek. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation