Petani Kaltim Harus Mampu Kuasai TI

Petani Kaltim Harus Mampu Kuasai TI

 

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan para petani Kaltim  harus mampu menguasai teknologi  informasi (TI) tidak hanya tahu cangkul. Karena  dalam penguasaan TI bisa memperoleh ilmu pertanian modern maupun keperluan pupuk yang diperlukan.

"Para petani bisa memanfaatkan HP untuk teknologi pertanian misalnya untuk mendatangkan pupuk yang cepat dan sesuai harga sehingga tidak memberatkan petani," kata Awang Faroek Ishak saat berdialog dengan para petani di Tenggarong Seberang belum lama ini.

Gubermnur juga  memberi contoh para petani di Thailand yang sudah memanfaatkan teknologi komunikasi untuk mendatangkan pupuk dengan cepat, tentunyqa hal yang positif bisa diterapkan di Kaltim guna kesejahteraan para petani.

"Petani disana tinggal pencet nomor HP, pupuk segera  datang kerumah petani dan pemayaran bisa merlalui SMS Banking," ujarnya.

Tentunya penerapan teknologi yang positif bisa dilakukan para petani Kaltim, sehingga tidak terjadi lagi petani kekurangan pupuk yang mengakibatkan panen tidak maksimal.

"HP petani bisa diprogram daftar jenis-jenis pupuk, sehingga tinggal SMS pupuk sudah datang sesuai pesanan, dengan sistim pembayaran melalui BPD," ujarnya.

    Menurutnya hal ini ini bisa laskukan di Kaltim, karena setiap petani pasti memiliki HP dan tentunya harus mendapat dukungan semua pihak karena sudah saatnya petani diberikan pelayanan yang terbaik.

"Kami  bertekad akan terus meningkatkan penghasilan para petani hingga sejahtera, salah satunya dengan mendengar langsung keluhan-keluhan para petani," pungkasnya.(sar/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation