Petugas Kecamatan Dilatih Pembakuan Statistik

SAMARINDA-Data merupakan bahan utama yang diperlukan untuk menyusun perencanaan pembangunan khususnya di subsektor perkebunan untuk kegiatan mendatang. Karenanya, diperlukan kemampuan petugas ditingkat kecamatan dalam menyusun pembakuan statistik.
“Data yang benar, obyektif dan mutakhir akan meminimalkan kesalahan dalam penerapan kebijakan dan sasaran dalam mencapai target seperti yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Perkebunan,” kata Sekreatris Dinas Perkebunan H Yus Alwi Rahman, belum lama ini.
Menurutnya, petugas di kecamatan merupakan ujung tombak pengelolaan data subsektor perkebunan. Sehingga, melalui pelatihan ini diharapkan terjadi peningkatan kemampuan dan pengetahuan petugas perkebunan dalam kegiatan pengumpulan dan pengelolaan data statistik subsektor perkebunan.
 Terutama dalam pengelolaan data statistik lingkup sistem agribisnis perkebunan sehingga menjadi acuan bagi petugas perkebunan di kecamatan. Diharapkan, dengan tersusunnya pedoman data komoditas perkebunan maka terbangun kesamaan persepsi.
Misalnya untuk proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data statistik perkebunan bagi petugas di kecamatan sehingga data yang diperoleh bisa menjadi informasi  yang akurat, up to date dan valid.
Selain itu, menjadi bahan monitoring dan evaluasi setiap triwulan atau semester sekaligus menjadi bahan dalam penyusunan kebijakan di ditingkat pimpinan dalam merencanakan program subsektor perkebunan di masa yang akan datang.
Pelatihan pembakuan statistik yang digelar selama tiga hari dan diikuti 30 petugas perkebunan di tingkat kecamatan se-Kaltim itu menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. (yans/hmsprov)
 

Berita Terkait