Kalimantan Timur
Pilkada Harus Tetap Perhatikan Prokes

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Walaupun di tengah pandemi Covid-19, tahapan penyelenggaraan Pemilihan  Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 harus terus berjalan. Oleh karena itu Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi mengharapkan penyelenggaraan Pilkada harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

 

"Untuk penanganan Pilkada serentak, itu dilakukan oleh masing-masing kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada. Karena itu dalam tahapannya penyelenggara  maupun para calon yang mengikuti Pilkada bisa menerapkan protokol kesehatan," kata Hadi Mulyadi usai mengikuti  Rapat Koordinasi khusus (Rakorsus) tingkat menteri  terkait Penegakan Hukum dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dalam Pandemi Covid-19,  di Ruang Heart of Borneo, Jembatan Penghubung, Lantai 2, Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (18/9).

 

Hadi Mulyadi  mengatakan dari 9 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak,  8 daerah diantaranya sudah melaksanakan Rapat Koordinasi Pilkada, kecuali kabupaten Mahakam Ulu yang belum.

 

"Kita imbau, kepada Kabupaten Mahakam Ulu untuk  segera melaksanakan Rakor Pilkada dalam konteks pengamanan dan pengendalian  penyelenggaraan  Pilkada. Waktu terus berjalan, selambat-lambatnya Senin depan sudah bisa dilaksanakan Rakor, itu permintaan Mendagri Tito Karnavian saat rapat tadi," papar Hadi.

 

Dengan dilaksanakannya Rakor Pilkada berarti perencanaan pengamanan dan sebagainya sudah bisa dilaksanakan termasuk tahapan-tahapan Pilkada dimasing-masing daerah, yang tentunya tidak mengabaikan protokol kesehatan,  sementara Provinsi hanya memantau saja.

 

"Sesuai anjuran pemerintah  semuanya harus taat dan patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan, ini sangat penting agar pesta demokrasi berjalan aman dan lancar serta peserta pemilih juga tidak terpapar Cobid-19," pesannya.

Hadi Mulyadi  menambahkan, penerapan protokol kesehatan  harus  ditingkatkan dan  pelaksanakannya tidak boleh kendor,  karena saat ini Covid masih terjadi dan kasusnya juga terus meningkat.

 

"Oleh karena itu kita harapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap disiplin dalam penerapan protokol Kesehatan sebagai upaya untuk meminimalisir penularan Covid-19," kata Hadi Mulyadi.(mar/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait