Pilpres di Kaltim Aman dan Lancar

//////FOTO : 1, 2

Gubernur dan Wagub Tinjau Pelaksanaan Pilpres 2014

 

SAMARINDA – Guna melihat langsung pelaksanaan pesta demokrasi rakyat lima tahunan, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kaltim melaksanakan pemantauan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah Kaltim.

Gubernur Awang Faroek Ishak mengungkapkan dari hasil pantauan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) baik di Samarinda dan Kutai Kartanegara, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

“Kita tunggu saja proses selanjutnya dari TPS yang akan dilanjutkan ke panitia di kecamatan kemudian ke kabupaten, sesuai mekanisme. Kita patut bersyukur di 15 kabupaten/kota se-Kaltim dan Kaltara hingga saat ini situasinya aman, damai dan terkendali, sehingga masyarakat Kaltim dan Kaltara dapat mengikuti pilpres dan menggunakan hak pilihnya dengan baik,” ungkap Awang Faroek, Rabu (9/7).

Menurut dia, Kaltim maupun Kaltara telah bertekad untuk bisa menyumbangkan dan memberikan kontribusi terhadap penyelenggaraan demokrasi di Indonesia. Dari tahun ke tahun, tingkat partisipasi masyarakat pemilih terus membaik. Bahkan beberapa bulan yang lalu, pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014, tingkat partisipasi di Kaltim cukup baik dan diharapkan pada pilpres ini juga tingkat partisipasi masyarakat semakin meningkat.

“Patut kita syukuri, tingkat kesadaran masyarakat Kaltim sudah cukup bagus. Dari hasil pantauan di beberapa TPS tadi, tingkat partisipasi masyarakat rata-rata diatas 65 persen bahkan tadi ada satu TPS yang tingkat partisipasi diatas 85 persen,” jelasnya.

Terkait dengan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019, Awang Faroek mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim dan Kaltara agar dapat mendukung siapapun pemenang pilpres yang akan memimpin Indonesia lima tahun ke depan. 

“Namanya saja pesta demokrasi. Kita boleh berbeda pendapat, itu lumrah dalam alam demokrasi. Apapun hasilnya, kita harus akui. Itulah keputusan rakyat. Sebab, pemilu itu rakyat yang berdaulat. Mereka berhak memberikan hak suara berdasarkan pilihan hati nurani masing-masing. Bagi yang menang kita ucapkan selamat dan bagi yang kalah harus legowo,” pesan Awang Faroek.

Adapun sejumlah TPS yang dikunjungi gubernur bersama jajaran FKPD Kaltim, diantaranya TPS 9 Kelurahan Pasar Pagi Kecamatan Samarinda Kota, TPS 16 Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kecamatan Sungai Kunjang, TPS 40 Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu dan TPS 3 Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, serta TPS 7 Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara.

Turut hadir pada pemantauan pemilu ini, diantaranya Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono, Kajati Kaltim Amri Sata, Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Kaltim Brigjen TNI Sudarmo, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, Pelaksana Tugas Sekprvov Kaltim Rusmadi, serta jajaran pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim.

Pada kesempatan itu, gubernur bersama jajaran FKPD Kaltim di Samarinda juga didampingi Walikota Samarinda H Syaharie Jaang beserta istri dan Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail. Sementara di Tenggarong Seberang, turut mendampingi Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.  

Sementara di Balikpapan, Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menggunakan hak pilihnya di TPS 12 Jalan P Antasari, Keluharan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah.

Usai menggunakan hak pilihnya, Wagub Mukmin Faisyal melakukan pemantauan ke sejumlah TPS. Antara lain TPS 01 Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah, TPS 35 Kelurahan Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Kota, TPS 11 Kelurahan Marga Sari, Kecamatan Balikpapan Barat, TPS 05 Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Kecamatan Balikpapan Utara, TPS 8 Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur dan TPS 02 Kelurahan Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan.

“Pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah melakukan upaya optimal untuk pemilu yang aman dan sukses. Mari kita hormati dan mari jaga kondusi Kaltim yang sudah sangat kondusif ini,” kata Mukmin. 

Di tempat yang sama, Kapolda Kaltim Brigjen Dicky D Atotoy mengungkapkan bahwa secara umum Pilpres berlangsung tertib dan aman.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat menjaga kondisi yang baik ini. Pada prinsipnya Polri akan tetap bersiaga," tegasnya.

Tampak bersama Wagub Mukmin Faisyal,  Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Kadir Sultan dan Walikota Balikpapan Rizal Efendi dan para pejabat terkait lainnya. (jay/sul/es/hmsprov)

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Hj E. Amelia Suharni Faroek menyalurkan hak suaranya di Samarinda dan Wagub Mukmin Faisyal  mencoblos di Balikpapan.(tim/humasprov)

 

Berita Terkait