Pimpin Rakor Angkutan Lebaran 2019, Wagub Berharap Bangun Sinergitas Lintas Sektor

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 / 1440 H (arief/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 / 1440 H. Rakor yang dihadiri puluhan peserta dari instansi terkait bidang perhubungan dilaksanakan di Ruang Rapat Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis (23/5/2019).

Wagub Hadi Mulyadi pada kesempatan itu, meminta seluruh instansi terkait saling berkoordinasi dalam upaya optimalisasi pelayanan bidang perhubungan menghadapi H - 7 (arus mudik) dan H + 15 (arus balik). "Ketersediaan angkutan lebaran juga keamanannya menjadi perhatian kita semua. Penting bagi masyarakat dalam arus mudik  hingga arus balik merasa nyaman dan aman," kata Hadi Mulyadi.

Menurut Wagub, langkah-langkah dan upaya antisipasi perlu dipersiapkan seluruh instansi terkait dalam menyukseskan pelaksanaan arus mudik dan arus balik lebaran kali ini. Semua yang berkaitan kegiatan lebaran lanjut Hadi, harus diperispakan sebaik mungkin. Mulai penanganan transportasi (armada angkutan dan pengaturan), perbaikan infrastruktur (sarana jalan), kesehatan hingga ketersediaan BBM.

Karenanya ujar mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini, seluruh jajaran terkait baik kepolisian didukung TNI, Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan rumah sakit serta instansi vertikal/kementerian dan lembaga benar-benar memahami permasalahan di lapangan. Bagi orang nomor dua Benua Etam ini, pelaksanaan arus mudik dan arus balik maupun hal lainnya terkait lebaran sudah rutin setiap tahun, sehingga bukan hal baru namun tetap perlu perhatian dan penanganan yang serius. "Antisipasi keamanan, kesehatan dan perhubungan untuk transportasi darat, laut dan udara. Tidak kalah pentingnya distribusi sembako berarti terkait transportasi," jelasnya.

Hadi mengungkapkan penduduk Kaltim hampir 50 persen adalah pendatang, sehingga perlu persiapan dan penanganan serius untuk angkutan arus mudik dan arua balik lebaran. "Laporan ini saya terima dan semua instansi terkait sudah siap. Atas nama Pemprov dan masyarakat sangat mengapresiasi seluruh instansi yang terlibat dalam pelaksanaan lebaran ini," ungkap suami dari Hj Erni Makmur ini.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Kaltim Muhammad Nur dan Kepala Dinas Perhubungan H Salman Lumoindong dan Wakil Walikota Bontang Basri Rase, Kepala Dinas PUPR Kaltim HM Taufik Fauzi dan para kepala biro Setdaprov Kaltim. Tampak pula Direktur Lantas Polda Kaltim Kombes Pol Eddy Junaidi, Danpomdam VI Mulawarman dan Kepala UPBU APT Pranoto Dodi Dharma Cahyadi, Kepala BPJN XII Balikpapan Refli Tangkere serta instansi teknis/vertikal dan Kementerian Perhubungan, Dishub provinsi dan kabupaten/kota, Distrik Navigasi, KSOP, Pelindo, ASDP dan Organda serta INSA. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation