Pj Sekprov Pastikan APBD Kaltim Tetap Aman

HM Sa'bani

SAMARINDA - Penjabat (Pj) Sekprov Kaltim HM Sa'bani menepis kekhawatiran bahwa anggaran Pemprov Kaltim akan berkurang hingga setengah dari APBD Tahun Anggaran (TA) 2020 karena penyesuaian anggaran akibat Covid-19.

"Saya kira anggaran Kaltim tidak hilang separo. Perkiraan kita, APBD Kaltim berkurang sekitar Rp3 triliun dari  APBD 2020 Rp11 triliun. Masih ada kurang lebih Rp8 triliun," kata Sa'bani di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (15/5/2020).

Sa'bani mengatakan alokasi anggaran yang berkurang itu adalah belanja modal, barang dan jasa.  Kemudian beberapa bantuan keuangan, termasuk hibah.

Pemerintah pusat tidak lakukan pengurangan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Kesehatan dan Pendidikan.

"Untuk pekerjaan mana yang masih berjalan atau  dikurangi,  dikembalikan ke masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Karena  OPD yang mengetahui kondisi masing-masing," jelasnya.

Sa'bani mengakui, memang ada sekitar 100 paket pekerjaan fisik yang mengalami penyesuaian anggaran. Tetapi, ada juga yang tidak. Karena, pekerjaan telah lebih dulu dilaksanakan sebelum adanya penyesuaian.

"Memang ada yang ditunda,  tapi juga ada yang tetap berjalan dan dilanjutkan," kata Sa'bani. (jay/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait