PKAPD Dukung Kemajuan Bangsa

SAMARINDA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Muhammad Jauhar Efendi menegaskan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa (PKAPD) merupakan langkah strategis mendukung kemajuan bangsa.

PKAPD merupakan upaya yang sangat strategis. Sebab pemerintahan desa sebagai garda terdepan dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan.

Menurut Jauhar jumlah desa di Indonesia sebanyak 74.954 desa. Kalau saja setiap desa jumlah perangkatnya ada enam orang, termasuk kepala desa maka terdapat 449.742 orang kepala desa plus perangkatnya yang harus diberikan pembekalan untuk menyelanggaraan pemerintahan desa.

"Saya mengusulkan agar ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) perlu mendapatkan pemahaman pengetahuan sebagai bekal menunjang tugas pokoknya. Begitu pula kecamatan harus mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah, khususnya Kementerian Dalam Negeri," kata M Jauhar Efendi saat menyampaikan masukan dalam pembahasan penyempurnaan rancangan Roadmap PKAPD 2020-2024 di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Jauhar menegaskan semua jenjang pemerintahan baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten harus memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintah Desa. Dengan tidak mengabaikan perhatian terhadap pengembangan Pemerintah Kecamatan.

Pembahasan Roadmap PKAPD 2020-2024 dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi se Indonesia. Pembahasan diawali dengan paparan draft Roadmap oleh Direktur Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Imran. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait