PKBI Gelar Baksos Ramadhan Ceria 1436 H

PKBI Gelar Baksos Ramadhan Ceria 1436 H

 

SAMARINDA – Imbauan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak kepada para dermawan agar dapat membantu mereka yang tidak berkemampuan (dhuafa) menjelang lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah, disambut suka-cita Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kaltim yang Ahad kemarin (5/7) menyalurkan pakaian layak pakai pada masyarakat yang memerlukannya.

Penyaluran pakaian layak pakai itu bertajuk “Baksos Ramadhan Ceria PKBI 1436 Hijriah” yang pembukaannya dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail. Tampak hadir di antara para penerima bantuan saat itu Ketua PKBI Kaltim Drs H Syahril Basran, Direktur Eksekutif PKBI Kaltim Sumadi Atmodiharjo, para donator, para relawan PKBI, dan undangan lainnya.

Moeran Gautama salah seorang panitia mengatakan, pihaknya memberikan lebih dari 400 kupon atau penerima yang berhak memilih sendiri pakaian yang tersedia, seperti halnya membeli pakaian di mall. Sedangkan pakaian yang digelar di bawah tenda berjumlah  3.582 lembar yang terdiri dari pakaian wanita 2.060 lembar, pakaian pria 877 lembar, pakaian anak perempuan 385 lembar, pakaian anak laki-laki 260 lembar.

“Selain itu juga ada 116 lembar seragam sekolah, 21 tas, 5 sepatu, 46 lembar jaket dan 396 lembar jilbab,” katanya.

Sementara itu para donator datang dari Bankaltim, Bankaltim Syariah, KNPI Samarinda, Dinas Perhubungan Kaltim, PT Jamsostek (Persero) Cabang Samarinda, Forum Anak Daerah Kaltim, Forum Anak Kota Samarinda, Pengurus PHD PKBI Dawerah Kaltim, Staf PKBI Daerah Kaltim, Staf RS Bersalin Ria Kencana PKBI, Relawan, Praktek Dokter RS Ria Kencana PKBI, Media Sosial dan warga sekitar.

Ketua PKBI Kaltim Syahril Basran mengatakan, pihaknya memberi apresiasi pada para donator yang menyerahkan bantuannya melalui PKBI Kaltim. “Kegiatan seperti ini sudah lima kali dilakukan dan mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Pakaian yang dusumbangkan para donatur bertambah banyak, begitu pula para penerimanya tahun ini bertambah banyak juga,” katanya.

Menurutnya, PKBI berupaya menaruh kepedulian pada warga tidak mampu untuk mendapatkan pakaian layak pakai dan bahkan ada di antaranya pakaian baru, supaya mereka juga dapat berbahagia di saat lebaran. Karena itu Wakil Walikota Samarinda ujarnya, menyarankan agar Baksos Ramadhan Ceria PKBI dibuka lagi pada tahun mendatang. Tidak pula hanya di PKBI tetapi juga digelar di tempat-tempat lain dengan cakupan penerima yang lebih luas dan banyal lagi.

Untuk diketahui, PKBI merupakan salah satu lembaga pelopor dan perintis program KB di Tanah Air yang berdiri sejak 1957. Demikian juga keberadaanya di Kaltim sangat membantu terlaksananya berbagai program pemerintah, khususnya dalam bidang kependudukan dan Keluarga Berencana. Bidang lainnya seperti pemberdayaan perempuan, penanganan traffiking, penaggulangan HIV/AIDS, Narkoba, ekonomi kerakyatan dan pendidikan usia dini yang dikenal dengan Bina Anaprasa.(ri/hmsprov)

//Foto: Ketua PKBI Kaltim, Syahril Basran dan Panitia Baksos Ramadhan Ceriat PKBI 1436 Hijriah, Moeran Gautama di antara kegiatan penyaluran pakaian layak pakai.(ist/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation