PKK Bina Mental Spiritual Lansia

SAMARINDA – Dalam upaya agar kesehatan lansia (lanjut usia) tetap terjaga dan mampu mandiri, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltim melaksanakan kegiatan pembinaan Lansia.
“Sebagai upaya memberdayakan para Lansia agar tetap terjaga kesehatan dan kemandiriannya, perlu diberikan pembinaan mental spiritual berkelanjutan,” kata Wakil  Ketua TP PKK Kaltim Faridah Syafrudin  saat mewakili  Ketua TP PKK Kaltim HE Amelia Suharni Faroek pada Pembinaan Lansia di Aula TP PKK Kaltim, Selasa (12/3).
Menurut dia, pembinaan fisik, mental maupun spritual bahkan keterampilan secara berkelanjutan sangat strategis bagi para lansia. Terutama dalam upaya membentuk prilaku dan pola pikir positif  siap memasuki masa sebagai lansia.
Dijelaskan, sesorang yang sudah memasuki masa lansia pada umumnya sulit mengendalikan perasaan (emosi) bahkan cenderung mudah marah dan tersinggung serta sakit. Karenanya, melalui pembinaan yang diberikan secara berkelanjutan mampu menghindarkan permasalahan di masa lansia.
“Kita terus berupaya memberikan perhatian yang besar bagi para lansia agar tetap terjaga kesehatan fisik dan jiwa serta memiliki keterampilan untuk kemandirian bahkan kegiatan usaha melalui pemberdayaan lansia dalam keluarga bahkan masyarakat sesuai program kerja di PKK,” ujar Faridah.
Sementara itu Ketua Pokja I Edi Sukamto mengemukakan pembinaan dilaksanakan secara rutin dan berkala baik setiap bulan maupun tiga bulanan dan seluruh Pokja (Kelompok Kerja) dalam TP PKK memiliki program yang tepat guna pembinaan dan pemberdayaan lansia.
Misalnya ujar Edi, Pokja I memiliki tugas memberikan pembinaan mental spiritual bagi para lansia agar lebih siap dalam menjalani masa-masa lansia dan Pokja II memberikan pembekalan pendidikan dan keterampilan guna menyalurkan bakat dan minat serta mengembangkan potensi lansia.
“Sedangkan Pokja III memberikan pembinaan pada peningkatan produksi, sehingga bakat dan keterampilan yang dimiliki lansia bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Misalnya, budidaya tanaman maupun perikanan. Sementara itu Pokja IV bertugas memberikan pelayanan dan pembinaan kesehatan fisik dan mental para lansia,” jelas Edi Sukamto.
Pembinaan lansia diikuti 60 orang dan  diberikan materi pembinaan bidang sosial kemasyarakatan dari Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera serta  kelangsungan hidup lansia dalam menunjang 10 program pokok PKK. Tampak hadir Wakil Ketua TP PKK Kaltim Hj Ruzaimah Farid dan pengurus TP PKK Kaltim. (yans/hmsprov).

//// Foto : Pemeriksaan kesehatan bagi para lanjut usia di Aula TP PKK Kaltim.(masdiansyah/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait