PKK Diminta Sukseskan Program Satu Desa Satu PAUD

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak PKK Kaltim dan  organisasi lainnya  turut serta mensukseskan program satu desa satu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
 "Upaya mewujudkan PAUD di  setiap desa  tentunya  perlu persiapan dan dukungan semua pihak salah satunya jajaran PKK Kaltim. PKK harus ikut berkiprah mengelola lembaga PAUD sehingga program satu desa satu PAUD  mampu terselenggara dengan baik," kata Gubernur Awang Faroek Ishak pada pelantikan TP PKK Kaltim, di GOR Bulu Tangkis Komplek Stadion Utama Palaran, Selasa (17/12).
Menurut gubernur, mewujudkan pendidikan berkualitas dan berkeadilan, tidak boleh hanya dilakukan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah saja, tetapi juga harus dilakukan untuk PAUD.  Sebab itu lanjut gubernur, program satu desa satu PAUD ini harus didukung secara bersama-sama.
Dijelaskan,  usia dini merupakan masa keemasan anak, sehingga harus diisi dengan hal-hal positif sebagai bekal menempuh pendidikan dasar hingga menengah dan perguruan tinggi.
Gubernur yang baru dilantik kembali untuk memimpin Kaltim ini menyebutkan pihaknya senantiasa mendorong dan mengapresiasi semua pihak yang peduli terhadap pendidikan.
Diakuinya membangun PAUD memang membutuhkan waktu, termasuk anggaran. Sedangkan kebijakan dan program yang sudah dilaksanakan bisa terus menjadikan PAUD sebagai mitra strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia generasi muda Kaltim.
"Satu tahun kedepan ini bagi kabupaten dan kota yang berhasil mewujudkan program tersebut seratus persen akan kami beri penghargaan," janji Awang.
Sedangkan terkait program-program pemberdayaan ibu dan anak serta keluarga, Awang mengatakan perlu perhatian lebih serius. Menurutnya, masalah kesehatan ibu dan anak juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan, karena untuk mengubah kebiasaan hidup masyarakat berperilaku hidup sehat itu tidaklah mudah.
Hal-hal seperti inilah yang harus mendapatkan perhatian dari jajaran PKK untuk membantu pemerintah, termasuk bagaimana membina rumah tangga yang harmonis.
"Selain memberikan bantuan mensukseskan PAUD, saya berharap jajaran PKK  Kaltim  dapat memberikan bantuan dan pembinaan terhadap Kelompok Usaha Kecil. Bantuan dan pembinaan tersebut penting bagi mereka dalam upaya kita membangkitkan lagi dunia usaha di daerah," ujarnya.
Untuk itu, PKK dapat melakukan pengembangan ekonomi kerakyatan melalui kegiatan wirausaha baru, penguatan jejaring ekonomi masyarakat, peningkatan promosi dan peningkatan kemampuan dan kualitas SDM berupa diklat, bimbingan pengembangan desain, bantuan modal, peningkatan manajemen, teknologi dan akses pemasaran. (sar/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Ketua TP PKK Pusat Vita Gaawan Fauzi dan Ketua TP PKK Kaltim Hj E Amelia Suharni Faroek. (fajar/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait