PKK Gelar Pesantren Ramadhan

PKK Gelar Pesantren Ramadhan

 

SAMARINDA–Terhitung 75 pelajar dari 12 sekolah tingkat atas baik siswa sekolah menengah umum (SMU) maupun madrasah aliyah (MA) serta sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat mengikuti kegiatan pesantren ramadhan yang digelar pengurus Tim Pengerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltim.

Dalam sambutan tertulis Ketua TP PKK Kaltim Hj Ence Amelia Suharni Faroek yang dibacakan Wakil Ketua Hj Ruzaimah Farid Wadjdy mengemukakan pesantren ramadhan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan agama para pelajar sebagai generasi penerus.

Selain itu, diharapkan mampu meningkatkan wawasan keagamaan sehingga mampu membentengi diri dari hal-hal yang dapat menjerumuskan dirinya. “Terutama mampu menghindarkan diri dari penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya, Sabtu (19/7).

Sebab lanjutnya, narkoba selain merusak jiwa dan raga para penggunanya juga menciptakan kemiskinan. “Peserta yang terdiri dari Jaringan Pemuda Waspada Narkoba (Jarwasnaba) harus mampu menjadi pelopor prilaku hidup sehat dan berakhlak,” harapnya.

Selain itu, diharapkap para peserta pesantren ramadhan setelah mengikuti kegiatan ini mampu mengimplementasikannya di lingkungan keluarga (rumah tangga) serta masyarakat khususnya di lingkungan sekolah.

Sementara itu Ketua Pokja I Hj Noorhasanah Rasyidin menyebutkan pesantren ramadhan merupakan agenda rutin tahunan sekaligus implementasi program kerja organisasi dan kegiatan diikuti 75 peserta dari pelajar SMA/MA serta SMP dan sederajatnya.

Menurut Noorhasanah, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sejak 19-20 Juli yang diisi dengan berbagai materi. Diantaranya, pengenalan program PKK, aqidah akhlak, toharrah (bersuci), bahaya narkoba dan undang-undang perlindungan anak.

“Termasuk baca tulis Al Qur’an dan materi pola asuh remaja, keterampilan pembuatan pin dan sablon. Pesantren ramadhan akan diakhiri dengan kahataman Qur’an dan berbuka puasa bersama di Aula Gedung TP PKK Kaltim,” jelas Noorhasanah.

Selain menggelar pesantren ramadhan, pengurus TP PKK telah menyelenggarakan beberapa kegiatan serta bhakti sosial. Misalnya, pasar murah dan pemberian bingkisan kepada 150 lansia dan kaum dhuafa, pengajian ramadhan, tausiyah dan khataman Qur’an. (yans/sul/hmsprov)

Foto : Jajaran pengurus TP PKK Kaltim bersama peserta Pesantren Ramadhan. (masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait