PKK Kaltim Siap Dukung Program Kerja PPTI Kaltim

Sosialisasi dan Silaturrahmi Pengurus PPTI Kaltim dengan PMO

SAMARINDA- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim Hj E Amelia Suharni Faroek memberikan apresiasi terhadap program kerja Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kaltim.    
PPTI memiliki tujuan yang baik, yakni turut mewujudkan masyarakat sehat sejahtera dan tuberkulosis (TB) tidak lagi menjadi masalah kesehatan di Indonesia.   
“Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, maka kerjasama antara PPTI Kaltim dan PKK Kaltim diharapkan dapat terus dilakukan. Apalagi, kader-kader dari Pengawas Minum Obat (PMO) di Kaltim juga merupakan anggota dari PKK Kaltim,” kata E Amelia Suharni Faroek usai menghadiri sosialisasi dan silaturrahmi pengurus PPTI Kaltim dengan PMO Kaltim di Aula Kesbangpol Pemprov Kaltim, Sabtu (19/10).
Mendukung kegiatan PPTI, maka koordinasi perlu terus dilakukan. Terutama dalam membantu pemerintah untuk mendukung Kaltim Sehat 2020.  Selain itu, diharapkan PPTI dapat melaksanakan penyuluhan, sehingga dapat menemukan kasus (case finding) dan pendampingan pasien TB yang sedang berobat (case holding) agar tidak drop out atau putus berobat serta mengupayakan santunan kepada pasien TB yang kurang mampu.  
“Penyuluhan merupakan usaha untuk mengubah perilaku dan sekaligus memobilisasi masyarakat dalam penanggulangan TB. Mudah-mudahan ini dapat dilakukan bersama-sama, baik PPTI maupun PKK Kaltim,” jelasnya.  
Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) PPTI Raisis Arifin Panigoro berharap Kader PKK Kaltim dapat dibekali pengetahuan tentang TB, sehingga dapat melakukan penyuluhan tentang TB.
“Kami berharap PKK Kaltim dan PPTI Kaltim dapat bekerjasama dengan baik agar dapat melaksanakan tugas pokoknya, sehingga dapat membantu pemerintah daerah menyehatkan masyarakat,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Encik Amelia Suharni Faroek juga menyerahkan bingkisan kepada PPTI Kabupaten dan Kota se Kaltim dan Kaltara yang hadir. (jay/hmsprov)

//Foto: Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim Hj E Amelia Suharni Faroek (keemat dari kiri) pada acara sosialisasi dan silaturrahmi pengurus PPTI Kaltim dengan PMO Kaltim. (jaya/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation