Kalimantan Timur
PKK Tak Punya Anggaran, Nyantol di OPD Ada yang Lancar, Ada yang Banyak Alasan

dok.adpimkaltim

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor kembali melemparkan anekdot baru ketika hadir dalam penyerahan pemenang Lomba PKK Tahun 2021 dalan rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-49 Tahun 2021.

 

"Dulu ada anekdot, PKK itu perempuan kurang kerjaan. Sekarang kita balik, PKK itu perempuan kelebihan kerjaan," canda Isran Noor sontak disambut tawa hadirin yang didominasi kaum perempuan.

 

Menurut Gubernur Isran Noor, PKK sekarang kerjaannya memang banyak. Tugasnya berat, tanggung jawabnya juga berat.

 

Isran menjelaskan, PKK adalah unit kerja koordinatif, di luar instansi formal, baik di provinsi maupun di kabupaten dan kota.

 

"PKK itu  gak ada anggarannya. Anggarannya nyantol-nyantol aja di OPD. Ada yang lancar, ada yang lambat, ada juga OPD yang banyak alasan," sindir Gubernur di Atrium Bigmall Samarinda, Jumat (24/9/2021).

 

"Tugas ibu-ibu PKK ini sangat berat karena tidak ada honornya. Tapi ibu-ibu PKK tetap ikhlas bekerja," puji Isran.

 

Dalam rangka HKG tahun ini, TP PKK Kaltim menggelar enam lomba.  Yakni lomba penyuluhan tertib administrasi dasa wisma, lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga, lomba penyuluhan bina keluarga balita, lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), lomba peragaan busana bahan Takwo modifikasi batik khas daerah dan lomba penyuluhan peran kader PKK dalam penanggulangan stunting.

 

Tahun ini Kota Balikpapan kembali menjadi juara umum. Sedangkan untuk Lomba Dasa Wisma dimenangi Balikpapan untuk kelompok kota, dan Berau untuk tingkat kabupaten.

 

"Kami sangat mengapresiasi semua TP PKK kabupaten dan kota karena sangat serius  berpatisipasi aktif dalam semua program TP PKK Provinsi demi bersama-sama memajukan Kalimantan Timur dengan berbagai kegiatan dan programnya," kata Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor. Tampak hadir mendampingi Kepala DPMPD Kaltim H Sirajuddin. (sul)

Berita Terkait