PKP2A III LAN Samarinda Kerjasama Dengan Pemkot Samarinda

Seleksi Terbuka Jabatan Struktural di Lingkup Pemkot
 
SAMARINDA –  Setelah Pemprov Kaltim melakukan lelang atau seleksi terbuka terhadap pengisian sejumlah jabatan strukural di lingkungan Pemprov Kaltim. Menyusul Kota Samarinda melakukan hal yang sama, bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda.


Upaya itu dilakukan dengan harapan, bisa memperoleh kader birokrasi cakap dan berkualitas lebih baik dan sesuai harapan, sehingga mampu menjalankan tugas dan pelayanan prima kepada masyarakat.


PKP2A III LAN Samarinda, Dr Meiliana mengatakan kerjasama dengan Pemkot Samarinda, untuk melakukan seleksi kompetensi promosi terbuka terhadap sejumlah jabatan struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkot Samarinda.


Dia mengungkapkan reformasi birokrasi telah melahirkan berbagai perubahan dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan, antara lain perubahan bidang kepegawaian, khususnya pada sistem rekrutmen pejabat struktural secara terbuka.


“Promosi terbuka jabatan struktural salah satu langkah strategis dalam mengubah birokrasi dari zona nyaman (comfort zone) ke zona kompetitif (competitive zone), sekaligus upaya menghilangkan praktek KKN yang sering terjadi seiring euforia otonomi daerah,” ujar Meiliana, di hadapan peserta seleksi promosi terbuka jabatan struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkot Samarinda, di Auditorium PKP2A III LAN Samarinda, Selasa (12/2).


Meiliana menjelaskan promosi terbuka merupakan rangkaian kegiatan seleksi guna memperebutkan 16 posisi lowong (1 jabatan eselon II, 4 jabatan eselon III dan 11 jabatan eselon IV) di lingkungan Pemkot Samarinda.


Seleksi ini diikuti 125 kandidat dari berbagai eselon, yang telah lolos seleksi adminitrasi dan akan mengikuti seleksi kompetensi (kepemimpinan, manajerial, bidang, potensi bakat dan minat).


Seleksi terbuka ini dilaksanakan dengan mengacu pada Surat Edaran Menpan-RB Nomor16/2012 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Struktural yang Lowong Secara Terbuka di Lingkungan Pemerintah.


Selain itu, lanjut dia, sistem promosi PNS yang dilakukan secara terbuka ini dimaksudkan untuk menjamin objektifitas, keadilan dan transparansi yang merupakan implementasi dari program percepatan reformasi birokrasi.


Sementara itu, Walikota Samarinda H Syaharie Ja’ang, mengatakan pertimbangan Menpan-RB untuk mengeluarkan surat edaran tersebut sangat baik, mengingat percepatan reformasi birokrasi juga harus didukung dengan aparatur sipil negara yang berkualitas dan berkompeten.


Untuk itu, lanjut dia, Pemkot bersama PKP2A III LAN Samarinda menggelar seleksi promosi terbuka jabatan struktural di lingkungan Pemkot Samarinda, dimaksudkan untuk berusaha mengurangi dan meminimalisir persentase subjektif terhadap pengisian posisi lowong jabatan struktural.


“Apa yang dilakukan ini bukan formalitas, karena akan diminta pertimbangan dari tim seleksi dan hasil seleksi akan dijadikan sebagai dasar penetapan promosi. Saya yakin, seluruh peserta disini memiliki kompetensi yang baik, karena sudah melalui diklat pra jabatan, diklat pim IV, diklat pim III dan seterusnya hingga menempati posisi saat ini. Tinggal bagaimana etos kerja yang menentukan kualitas kinerjanya,” ujar Ja’ang.


Sebelumnya, Pemprov Kaltim pada Januari 2013 melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKPD) Kaltim telah mengumumkan akan melakukan seleksi terbuka jabatan lowong untuk eselon II, III dan IV di lingkungan Pemprov. Pengumuman tersebut dapat dilihat pada website www.kaltimbkd.info yang dikelola oleh BKD Kaltim.(her/hmsprov).
 

Berita Terkait