PKS Kaltim Lebih Tinggi Dari Tingkat Nasional

SAMARINDA - Presentase Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilakukan Pemprov Kaltim dengan pihak asing maupun Pemerintah Provinsi di Indonesia tinggi dibanding yang dilakukan Pemerintah Pusat secara nasional dengan pihak asing.

Dari sejumlah PKS di Kaltim, 43 persen diantaranya ditindaklanjuti. Presentase tersebut lebih tinggi ketimbang PKS nasional, yakni baru 28 persen dari semua proses perjanjian yang diimplementasikan.

“Angka 43 persen itu memang cukup tinggi. Namun masih kurang memuaskan, karena belum mencapai 50 persen. Artinya, masih ada proses perjanjian kerjasama, tetapi belum ditindaklanjuti,” kata Kepala Biro Kerjasama dan Penataan Wilayah Perbatasan Setprov Kaltim,  Tri Murti Rahayu di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (31/10).

Kerjasama yang telah dintindaklanjuti, yakni antara Pemprov Kaltim dengan Negara Bagian Australia, Northern Territory (NT) untuk bidang peternakan dalam bentuk peningkatan pengelolaan dan budidaya peternakan sapi di Kaltim.

Kaltim memiliki potensi untuk pengembangan sub sektor peternakan, dengan lahan sangat luas. Dari luas provinsi yang mencapai 220.440 kilometer persegi, terdapat enam juta hektare berpotensi untuk pengembangan pertanian pangan dan hortikultura, perkebunan serta peternakan.

Selain itu, Kaltim juga telah melakukan kerjasama dengan Universitas Adelaide Australia, yang ditindaklanjuti Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim dengan melakukan kerjasama antar instansi pemerintah atau Departement of Education Service (DES) Australia.

Bahkan, dari kerjasama tersebut akan ditindak lanjuti sesuai dengan persyaratan bagi sekolah yang berstatus RSBI dalam bentuk sister school (sekolah saudara). Dengan kerjasama ini sekolah memiliki payung hukum untuk peningkatan kompetensi dan kualifikasi guru RSBI. Bahkan para guru bisa mempelajari pelajaran tertentu untuk mendapat gelar pasca sarjana atau S2 dari Australia.

Bukan hanya itu, Kaltim juga telah melakukan kerjasama dengan Provinsi Jawa Barat tentang ketenagakerjaan. Bahkan, kerjasama penyelenggaraan transmigrasi juga telah dilakukan antara Kaltim dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang ditempatkan di Kutai Timur.

Kaltim juga telah membangun kerjasama bidang transmigrasi dengan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah yang ditempatkan di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Timur.

“Masih banyak perjanjian kerjasama yang telah dilakukan Pemprov Kaltim dengan pihak asing dan Pemprov se Indonesia. Diharapkan melalui kerjasama tersebut Kaltim dapat mendukung Pemerintah Pusat dalam peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia,” jelasnya.(jay/hmsprov).

Berita Terkait
SIARAN PERS
SIARAN PERS

06 September 2013 Jam 00:00:00
Politik

Gunakan Hak Pilih
Gunakan Hak Pilih

31 Agustus 2013 Jam 00:00:00
Politik

Pemprov Serukan Anti Golput
Pemprov Serukan Anti Golput

07 September 2013 Jam 00:00:00
Politik

KPU Kaltim Gelar Doa Bersama
KPU Kaltim Gelar Doa Bersama

10 September 2013 Jam 00:00:00
Politik

SIARAN PERS
SIARAN PERS

06 September 2013 Jam 00:00:00
Politik