PNS Disnaker Kaltim Jalani Tes Urine

Dukung Kaltim Bebas Narkoba 2015


SAMARINDA  -  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim  melakukan tes urine (air seni) kepada 70 pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans) Kaltim. Tes ini pun diikuti seluruh pimpinan dan staf.
"Saya sangat mendukung program ini  karena sejalan dengan  tekad Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, yakni Kaltim Bebas Narkoba 2015," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, Ichwansyah di sela-sela kegiatan tersebut di Aula Disnaker Kaltim, Kamis (16/5).
Selain melakukan tes urine, BNNP juga sekaligus menggelar Sosialisasi  Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).  Sosialisasi ini memaparkan tentang bahaya Narkoba secara akurat dan jelas.  Dengan demikian diharapkan semua pegawai Disnakertrans mampu membentengi diri dari bahaya Narkoba.
“BNNP memberikan  informasi mengenai jenis-jenis Narkoba, dampak bila menggunakannya, dampak bagi organ-organ tubuh serta dampak dari segi hukumnya secara lengkap dan jelas.  Hal ini sangat bermanfaat  untuk mengingatkan jajaran Disnakertrans," ujar Ichwansyah.
Dia juga sangat mendukung rencana BNNP untuk melakukan sosialisasi dan tes urine di perusahaan swasta yang juga rentan penyalahgunaan Narkoba.  
"Kita dukung BNNP untuk melakukan sosialisasi bahaya Narkoba di perusahaan-perusahaan. Ini sangat penting agar lingkungan kerja terbebas dari penyalagunaan narkotika.  Sebab, tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tapi juga berpengaruh pada produktivitas dan keselamatan kerja," jelasnya.
Sementara itu Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim Kombespol Maridup Samosir Pakpahan mengatakan, sosialisasi ini adalah implementasi dari Inpres Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penggunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Instansi Pemerintah.  
"Ancaman bahaya Narkoba semakin memprihatinkan. Jika tidak ada tindakan lebih dini dari pemerintah, maka para pemakai Narkoba akan terus meningkat tajam," tegasnya. (sar/hmsprov).

///Foto : Suasana pengambilan sampel urine bagi PNS di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim. (Ist)


 

Berita Terkait