PNS Profesional Adalah Pegawai yang Berkarakter

PNS Profesional Adalah Pegawai yang Berkarakter

 

SAMARINDA-Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang professional dan bekerja dengan baik adalah pegawai yang berkarakter. Karena tujuan dari kinerja yang dilakukan setiap pegawai adalah untuk kemajuan bangsa dan negara lebih baik.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mengatakan jika pegawai tidak berpikir dan bekerja dengan baik serta tidak memberikan ide yang baik, tentu tidak akan memberikan kinerja yang baik.

“Tindakan merupakan buah dari pikiran yang kita sampaikan kepada pimpinan maupun rekan kerja, agar kinerja organisasi secara keseluruhan dapat berjalan baik,” kata Rusmadi di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (17/10).

Demikian pula mengenai tindakan merupakan kebiasaan dan prilaku sehari-hari, sehingga dalam 10 prinsip tata pemerintahan yang baik menjadi dasar agar kinerja pegawai dapat lebih baik dan professional.

Melaksanakan tindakan tersebut, tentu akan menuai kebiasaan. Karena kebiasaan itu terbentuk dari sikap dan prilaku sehari-hari. Misal, jika pegawai bisa hadir dan pulang tepat waktu, mengikuti apel tepat waktu, bekerja efektif dan menjadi kebiasaan, tentu hal ini dapat menumbuhkan karakter.

“Seorang PNS yang professional dan bekerja dengan baik adalah pegawai yang berkarakter. Memang sulit untuk membangun karakter tersebut. Karena mempengaruhi nilai pribadi pegawai. Jika karakternya baik dan integritasnya tinggi, semata-mata bekerja untuk mengabdi kepada bangsa, tentu tugas yang berat pasti akan terasa ringan,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

 

/////Foto : H Rusmadi

 

Berita Terkait
Government Public Relation