Pokdarwis Kaltim Masuk Sepuluh Besar Nasional

SAMARINDA - Kelompok Sadar Wisata Kaltim yang diwakili oleh Badan Pengelola Kawasan Sumber Daya Alam Kampung Linggang Malapeh, Kecamatan Linggang Bigung, Kutai Barat masuk dalam penilaian 10 besar nasional.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, H.M. Aswin, melalui Kepala Bidang Usaha dan Jasa Pariwisata, Rozaly di Samarinda, Senin (9/9).
Dijelaskan, prestasi 10 besar ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kaltim karena kelompok sadar wisata (Pokdarwis) ini telah menyisihkan 138 Pokdarwis dari seluruh Indonesia.
“Pada tingkat provinsi  Badan Pengelola Kawasan Sumber Daya Alam Kampung Linggang Malapeh,  Kutai Barat merupakan juara pertama Pokdarwis tingkat provinsi yang berhak mewakili Kaltim di tingkat nasional. Ternyata kita berhasil masuk 10 besar,” ujarnya bangga.
Prestasi 10 besar, menjadikan Pokdarwis yang mewakili Kaltim  mendapat penghargaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun Kaltim masih harus berlomba lagi untuk memperebutkan peringkat satu hingga sepuluh yang akan digelar di Kota Martapura, Kalimantan Selatan.
Aswin mengharapkan agar pembinaan terhadap Pokdarwis di kabupaten dan kota di Kaltim dapat terus ditingkatkan agar prestasi serupa dapat terulang kembali di tahun-tahun mendatang.
Pembinaan Pokdarwis, ujarnya bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kepariwisataan yang dapat dikelola agar memberi efek dan manfaat langsung ke masyarakat.
Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Jasa dan Pariwisata Disbudpar Kaltim, Rozaly mengatakan  Badan Pengelola Kawasan Sumber Daya Alam Kampung Linggang Malapeh,  Kutai Barat, telah menyisihkan 138 Pokdarwis seluruh Indonesia dan terseleksi hingga 17 kelompok.
Dari 17 kelompok tersebut, juri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terjun langsung ke Kutai Barat untuk melihat obyek wisata dan peran serta masyarakat.
“Kegiatan ini baru pertamakali dilaksanakan Bidang UJS dan langsung masuk sepuluh besar. Ini membanggakan bagi Kaltim dan Kutai Barat pada khususnya. Kita berharap Pokdarwis lainnya dapat termotivasi untuk meraih prestasi di tahun mendatang,” ujarnya.(yul/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation