Pokdarwis Ujung Tombak Pengembangan Pariwisata Kaltim

GIANYAR – Masyarakat Kaltim yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam pengembangan pariwisata di Kaltim. Pokdarwis yang berada di desa-desa akan bersentuhan langsung dengan obyek wisata dan kunjungan wisatawan baik domestik  maupun  mancanegara.
Harapan ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin dalam kunjungan studi banding ke Desa Batubulan Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Rabu (9/10).
“Pariwisata akan menjadi salah satu gerbong lokomotif perekonomian masyarakat Kaltim setalah Sumber Daya Alam Kaltim menipis dan habis pada masa waktunya nanti,” ujarnya.
Dijelaskan, dari 14 kabupaten/kota di Kaltim, baru Kabupaten Berau yang memiliki potensi wisata bahari dengan Gugusan Kepulauan Derawan. Masyarakat saat ini telah memanfaatkan keunggulan dan potensi pariwisata yang dimiliki dengan cara penyewaan kamar-kamar di rumah penduduk (homestay), penyewaaan perahu dan peralatan olahraga serta  menjual cinderamata.
Sementara itu, keberpihakan kabupaten/kota dalam pengembangan potensi wisata sudah cukup baik yang dibuktikan dengan makin besarnya anggaran yang dialokasikan melalui APBD masing-masing dalam  pengembangan infrastruktur kepariwisataan.
Dalam kunjungan ke Desa Batubulan yang merupakan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) terbaik tingkat nasional 2012 itu, diharapkan dapat memotivasi, menumbuhkan dan mengambil pelajaran  tentang pengelolaan kepariwisataan berbasis kemasyarakatan dan kemandirian.
Para peserta kunjungan yang berjumlah 30 orang dari perwakilan 14 kabupaten/kota, dalam kunjungan ini berkesempatan menyaksikan pertunjukkan Tari Barong sebagai salah satu ciri Desa Batubulan. Setelah itu, para peserta melakukan diskusi dan tanya jawab dengan pengurus Pokdarwis Batubulan.
Kabupaten Gianyar, terdiri atas 70 desa dan  40 desa diantaranya telah memiliki Pokdarwis yang dikelola masyarakat secara mandiri. “Kita berharap, dari kunjungan ini,  akan tumbuh Pokdarwis yang lebih banyak lagi di Kaltim sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kepariwisataan di desa,” ujarnya.
Rombongan Kaltim yang dipimpin oleh Kepala Disbudpar Kaltim, H.M Aswin, didampingi  oleh Kepala Bidang Usaha dan Jasa Pariwisata, H.Mohammad Rozali diterima oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Gianyar, A.A Gede Oka.  dan Pembekel (Kepala Desa) Batubulan, Anak Agung Bagus Ari Bramantha serta Ketua Pokdarwis Desa Batu Bulan Dewa Gede Sumartha.(yul/hmsprov).
 

Berita Terkait