Popnas Kaltim Targetkan Lima Besar
JAKARTA-Kontingen Kaltim pada perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2013 menargetkan posisi lima besar. Hal itu bisa dicapai jika pelajar-pelajar Kaltim mampu meraih minimal 13 medali emas. Target tersebut sangat wajar jika melihat raihan pada Popnas 2011 di Riau, dimana kontingen Kaltim berhasil menempati posisi delapan besar.  
"Anak-anak bertekad akan berjuang sekuat tenaga untuk mengharumkan Kaltim dikancah nasional ini," kata Ketua Tim Popnas Kaltim Ego Arfin di sela pembukaan Popnas di Stadion Sumantri Bojonegoro Jakarta, Sabtu (14/9).   
Ego mengungkapkan pada Popnas 2013 kali ini Kontingen Kaltim akan mengikuti 19 cabang olahraga (cabor) dengan kekuatan 172 atlit putra dan putri yang berasal dari 14 Kab/Kota. 
"Para atlit yang dikirim merupakan para juara pada masing-masing cabor saat perhelatan Porpov Kaltim di Tarakan," ujarnya.  
Ia menambahkan pada Popnas kali ini, Kaltim dapat mengirim para atlet berkat dukungan penuh Pemprov Kaltim dengan perhatian penuh Gubernur Awang Faroek Ishak bersama jajaran SKPD khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim. 
"Persiapan para atlet sangat minim bahkan tidak melalui Tranining Centre (TC) yang matang, karena para atlet tersebut datang pada 8 September dan pada 9 September mengikuti upacara Haornas, kemudian berangkat pada Selasa 10 September, meskipun minim persiapan kami optimis Kaltim mampu menampilkan yang terbaik,” ujarnya. 
Hingga Minggu (15/9) Kaltim telah memperoleh tiga emas dari cabor karate atas nama Tities Putra, Abdul Hanif dari atletik  dan Andi dari renang.  Kaltim juga mendapat tambahan  tiga medali perak dari  cabor karate atas nama Eka Nuryana, Ade Gusti Noval dari senam dan Sulimin dari judo.  Para atlet Kaltim itu memperebutkan medali tertinggi melawan sekitar 4.030 atlet pelajar yang datang dari 33 provinsi. (yans/hmsprov)
 
Foto : Kontingen Popnas Kaltim bersama Gubernur Awang Faroek Ishak beberapa saat sebelum pelepasan di halaman Kantor Gubernur. (johan/humasprov).
 
Berita Terkait