Popularitas Kepulauan Derawan Diharapkan Samai Bali

SAMARINDA - Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau diyakini dapat menjadi obyek wisata terkenal layaknya Pulau Bali, seiring  dengan penyelenggaraan Festival Derawan 2013. Keyakinan tersebut didasari oleh kekayaan potensi bawah laut yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia.   
Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin  saat dialog interaktif bertema Festival Derawan 2013 di studio TVRI Kaltim, Rabu (12/9).
"Kondisi Kepulauan Derawan yang terdiri dari beberapa pulau saat ini layaknya Pulau Bali puluhan tahun lalu dimana kepariwisataannya belum maju dan belum terkenal ke mancanegara. Dengan pengelolaan yang baik oleh masyarakat, kita yakin Derawan yang menjadi ikon Kaltim dapat menyamai popularitas Bali saat ini," ujarnya.  
Menurut dia, Pemprov Kaltim bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Pemkab Berau, bersama-sama ingin memajukan kepariwisataan di Kepulauan Derawan sebagai lokomotif pembangunan di Kaltim. Saat ini Pemprov Kaltim telah menetapkan Kawasan Wisata Derawan sebagai pusat pengembangan kawasan ekonomi bersama dengan tujuh kawasan lainnya.  
Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2014-2015 telah memasukkan Kepulauan Derawan dalam kawasan pengembangan pariwisata nasional bersama  Kecamatan Kota Bangun Kutai Kartanegara dan Kec. Long Bagun di Mahakam Ulu.  
Diakuinya, geliat ekonomi masyarakat dari pengelolaan Kepulauan Derawan beberapa tahun terakhir telah dapat membawa masyarakat pada tingkat perekonomian yang lebih baik dengan berbagai usaha seperti penyewaan kamar (homestay), penjualan barang kerajinan, penyewaan alat olahraga selam, pemancingan dan kapal motor.
Sementara itu, Anggota DPRD Kaltim, Hj. Encik Widyani mengatakan akan mendukung Pemprov Kaltim dalam upaya mengembangkan kepariwisataan, khususnya di Kepulauan Derawan sebagai salah satu obyek tujuan wisata dunia.   
"Kita berharap kesuksesan penyelenggaraan Festival Derawan dapat meyakinkan legislatif dalam dukungan dana dan promosi sehingga kegiatan serupa dapat meningkat menjadi kegiatan nasional Sail Derawan," harapnya. (yul/hmsprov)

///FOTO : Keindahan dan suasana pantai Derawan yang potensial untuk dijual pada wisatawan local dan mancanegara.(fadli/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait