Positif Covid-19 di Kaltim Tambah 14 Kasus


OTG Berpotensi Tularkan Covid-19

SAMARINDA - Perkembangan data pandemi Covid-19 di Kaltim Rabu (6/5) untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) terjadi penambahan 112 kasus, sehigga total ODP sebanyak 8.363 kasus, Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada penambahan 23 kasus, total PDP 616 kasus. Untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ada penambahan 14 kasus yaitu Berau 9, Kubar 3, Balikpapn 1 dan Bontang 1, total 182 kasus.Sementara itu yang sembuh 13 dan meninggal dunia tetap 2 kasus

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan masyarakat harus mewaspadai fenomena orang tanpa gejala (OTG) yang mengambil porsi 10 sampai 11 persen bisa menularkan  virus Corona sehingga  total jumlah terkonfirmasi positif bisa bertambah  di Kaltim.

"Saat ini masyarakat  tidak mengetahui siapa orang sebagai OTG. ternyata mereka membawa  dan menularkan virus Corona kepada yang lain. Saat ini sudah ada 22 kasus yang terjadi terkonfirmasi positif Covid-19," jelas Andi ketika jumpa pers via Aplikasi Zoom Cloud terkait update perkembangann penyebaran Covid-19 di Kaltim, Rabu (6/5).

Dikatakan OTG ini, akan tetap melakukan aktivitas di luar rumah seperti biasa, dan masyarakat bisa saja ada yang terpapar Covid-19.

"Oleh karena itu kami harapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspda dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas di luar rumah, dengan tetap menjaga jarak sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan pemerintah serta selalu memakai masker," pesannya. (mar/ri/humasprov kaltim).

Berita Terkait