Posko Kesehatan Siapkan Layanan 24 Jam

Dari  Arena Jambore Pemuda Indonesia (JPI) - 2013

 

SAMARINDA - Mengantisipasi   kemungkinan gangguan kesehatan yang menimpa peserta  Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2013,  pihak panitia pelaksana   menyiapkan Posko Kesehatan    yang ditempatkan di GOR Bulu Tangkis komplek Stadion Utama Palaran yang siap betugas 24 jam.

“Posko ini    didukung dengan relawan Palang Merah Indonesia (PMI), sejumlah paramedis gabungan dari Dinas Kesehatan Kaltim dan Korpri Kaltim  ditambah beberapa dokter  yang terbagi dalam tiga kali pergiliran dan siap melayani  peserta JPI,” kata dr Triyana Dian di sela-sela memeriksa pasien di Posko Kesehatan JPI 2013, Rabu (30/10).

    Menurut dia, keluhan para pasien  sangat beragam, kalau keluhannya hanya penyakit ringan cukup dilayani di Posko Kesehatan. Jika penyakit agak   kronis  di rujuk ke rumah sakit terdekat yakni IA Moeis Samarinda Seberang untuk penanganan lebih lanjut.

Dia menyebutkan, rata-rata setiap hari melayani sekitar 90 pasien dengan keluhan antara lain demam, gangguan lambung, sakit kepala  dan ada juga yang menderita malaria.

Even besar dengan melibatkan ribuan peserta. tentunya hal wajar jika muncu  berbagai keluhan  dari peserta  yang kemungkinan, karena iklim yang berbeda sehingga daya tahan tubuh menurun, termasuk cuaca di Kaltim yang akhir-akhir ini tidak menentu atau ekstrem.

Dijelaskan, penanganan masalah kesehatan pada even nasional merupakan salah satu prioritas, sehingga  petugas di Posko Kesehatan JPI  akan bertyugas hingga kegiatan berakhir  pada 2 Nopember atau seluruh peserta telah kembali ke daerah masing-masing.

“Kepada para peserta saya ingatkan  agar tidak terlambat makan, karena kegiatan JPI cukup padat,  sehingga  memerlukan tenaga ekstra dan stamina yang prima agar tubuh tetap bugar sampai kegiatan berakhir,” imbaunya. (sar/hmsprov). 

///FOTO : Peserta JPI 2013 menyerahkan cindera mata kepada Abdul Basyid.(yuliawan/humasprov kaltim)

Berita Terkait