Potensi Ekonomi Rambah


BALIKPAPAN – Temu Bisnis yang mengangkat tema “Menggali Potensi Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur dan Peluang Kawasan Eropa Tengah dan Timur” berlangsung di Balikpapan, Senin (25/7).
Kegiatan ini menghadirkan narasumber, Direktur Eropa Tengah dan Timur Kemenlu, T.B.H Witjaksono Adji dengan materi Hubungan dan Kerjasama Indonesia- Kawasan Eropa Tengah dan Timur: Peluang dan Tantangan.
Tampil pula Minister-Consellor Kedubes Belarus Indonesia, Denis Kovalev dengan materi Prospek Hubungan Belarus – Indonesia, Counsellor Kedubes Rusia Indonesia, Veronika Novoseltseva dengan metri Prospek Hubungan Rusia – Indonesia, Atase Perdagangan RI di Moskow Rusia, Heryono Hadi Prasetyo dengan materi Peluang Pasar Rusia dan Belarus bagi Produk Indonesia, Wakil Ketua Umum Kadin Kaltim Alexander Sumarno, dan Dirut Super Holding, Agus Dwitarto.
Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada forum itu mengatakan, Kaltim memiliki potensi ekonomi dan perdagangan yang cukup besar dan diharapkan dapat merambah ke berbagai negara, tidak terkecuali ke kawasan Eropa Tengah dan Timur.
Setidaknya terdapat 22 negara di Eropa Tengah dan Timur yang merupakan untapped market yang masih terbuka peluangnya untuk digarap. Berdasarkan catatan Kementerian Perdagangan RI total nilai perdagangan RI dengan kawasan Eropa Tengah dan Timur pada tahun 2014 mencapai USD. 5,17 miliar.
Peluang bisnis ini semakin terbuka dengan adanya krisis yang terjadi di Ukraina bagi pengusaha RI untuk masuk ke kawasan tersebut seperti permintaan Ukraina terhadap batubara dan produk perikanan serta produk-produk fruit and vegetable ke pasar Rusia.
Komoditas lainnya yang dibutuhkan oleh kawasan Eropa Tengah dan Timur.  Antara lain CPO, karet alam, rempah-rempah, kopi, teh, cokelat dan lain sebagainya.
“Namun demikian lebih dulu perlu dilakukan kontak atau komunikasi dan kegiatan lain seperti pameran, seminar, business meeting dan business mission ke negara-negara di Eropa Tengah dan Timur tersebut,” katanya.(ina/humasprov)

Berita Terkait