PPIH Dilantik, Layani dengan Ikhlas

BALIKPAPAN – Wakil Gubernur Kaltim H.M. Mukmin Faisyal HP, SH, MH melantik 22 orang Pembentukan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Balikpapan musim haji 1437 H/ 2016 dan melakukan Meal Test di Gedung PPIH Embarkasi Haji Balikpapan, Jumat (22/7).

Acara ini dihadiri Direktur Pembinaan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI H. Muhajirin Yanis, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kaltim Drs H Saifi M.Pd, Perwakilan Maskapai Garuda Indonesia, Pengurus Asrama Haji Balikpapan dan panitia haji lainnya.

Dalam sambutannya Wagub mengucapkan selamat kepada seluruh petugas PPIH yang dilantik.“Semoga saudara semua dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab, serta amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya, sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini terlaksana dengan lancar dan sukses, baik pada saat keberangkatan maupun sekembali jamaah haji dari Tanah Suci,” katanya.

 Dikatakan, dalam penyelenggaraan ibadah haji, Pemerintah mengelola perhajian yang dipayungi dengan UU No.13 Tahun 2008 yang dalam pelaksanaannya melibatkan berbagai instansi dan pihak terkait lainnya. Untuk itu Wagub berharap agar PPIH Embarkasi Haji Balikpapan dapat memiankan peranannya secara maksimal, khususnya dalam meningkatkan pelayanan dan pembinaan kepada para jamaah.

“Kerjasama dan koordinasi perlu ditingkatkan terutama dengan sesame anggota PPIH, kemudiann dengan Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemkab/Pemkot se-Kaltim, dengan pihak Garuda Indonesia, instansi Perhubungan, maupun mitra terkait lainnya seperti petugas haji yang tergabung dalam tim pusat, tim daerah, tim kesehatan dan para pembimbing ibadah haji,” harapnya.

Wagub mengingatkan persoalan atau masalah penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun, pasti ada. Kecenderungannya bukan bertambah ringan, tetapi akan bertambah berat apabila tidak kita antisipasi dan diimbangi kesiapan matang dari sekarang.

Terlebih lagi, tahun sebelumnya Embarkasi Haji Balikpapan juga masih melayani keberngkatan dan pemulangan haji Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

“Ini berarti beban kerja PPIH Embarkasi Balikpapan akan bertambah, yang tentunya akan banyak menyita perhatian, pemikiran dan kerja keras kita dalam melayani jamaah haji,” tuturnya.(ayu/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation