PPU Dukung Penuh Pelaksanaan PSN


SAMARINDA - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara siap menyukseskan program pembangunan infrastruktur, terutama pembangunan proyek strategis nasional (PSN) di daerah tersebut.

Secara lugas dan tegas diakui Bupati PPU H Abdul Gafur Mas'ud usai bertemu Gubernur Kaltim Dr H Isran saat silaturahim open house lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Pendopo Odah Etam beberapa waktu lalu.

Ditambah usai Rapat Penyelesaian Batas Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan Penajam Paser Utara (PPU), di ruang Rapat Gubernur lantai II Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Jumat (14/6/2019).

Disebutkan Abdul Gafur bahwa daerahnya terdapat beberapa PSN seperti rel kereta api, jembatan tol dan Jembatan Pulau Balang serta kawasan industri Buluminung.

Menurut dia, pembangunan rel kereta api akan berlanjut setelah dilakukan pertemuan lanjutan antara Gubernur Isran Noor dengan pihak Russian Railways dan Dubes Rusia. "Beberapa kegiatan PSN siap dilanjutkan. Seperti kereta api yang sudah sejak lama dicanangkan. Akan kita tindaklanjuti dan kami sangat mendukung," ujar bupati termuda di Kaltim ini di Kantor Gubernur Kaltim.

Baginya, infrastruktur apalagi jalan dan jembatan itu pasti dibangun untuk kepentingan rakyat. Selain memudahkan jalur transportasi juga mempercepat arus distribusi barang yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah.

Khusus jembatan tol PPU-Balikpapan, adik Wakil Walikota Balikpapan ini mengakui dirinya sudah bertemu langsung dengan Komisaris Utama Waskita Bahrudin Haiti dan siap melanjutkan pembangunannya. "Provinsi sudah setuju dan kami apresiasi. Saya rasa segera saja dilaksanakan dengan pola pembiayaan dari swasta nasional atau BUMN," harapnya.

Bupati yang digadang menjadi salah satu daerah alternatif pembangunan lawasan pusat pemerintahan Indonesia ini meyakinkan proyek-proyek yang dibangun pemerintah pasti didukung penuh masyarakat, termasuk penyediaan dan pembebasan lahan guna percepatan pelaksanaan pembangunan. "Saya positif dan jamin masyarakat pasti mendukung program pembangunan infrastruktur di PPU," ungkap Abdul Gafur Mas'ud. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait