PPU Jadi Titik Singgah Kirab Pemuda Indonesia

Rapat koordinasi persiapan Kirab Pemuda Indonesia. (ist)

SAMARINDA - Penajam Paser Utara (PPU) dipastikan sebagai daerah di Kaltim yang menjadi titik singgah Kirab Pemuda Indonesia, pada 27 Oktober 2018. Momentum kirab pemuda diharapkan sebagai bagian untuk meneguhkan persatuan bangsa, meningkatkan kreativitas pemuda dan mempromosikan potensi keunggulan daerah. 

"Kita harapkan momentum ini bisa dimanfaatkan pemuda di Kaltim untuk bersama-sama bersosialisasi kepada peserta, sehingga peserta Kirab Pemuda Indonesia mengetahui apa saja yang menjadi keunggulan Kaltim," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Syirajuddin didampingi Kabid Pemuda Agustianur di Kantor Dispora Kaltim, Kamis (9/8). 

Syirajuddin mengatakan peserta kirab sebanyak 50 orang yang akan singgah ke Kaltim. Peserta sebelumnya singgah di Kalimantan Selatan. Pelaksanaan tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan, mulai dari pawai budaya kreatifitas pemuda, ikrar pemuda, workshop kebangsaan, sekolah kebangsaan, pentas seni, bhakti sosial, kunjungan wisata dan pemeran pembangunan daerah.

"Kami berharap pemuda di Kaltim, terutama di PPU bisa berkontribusi dalam pelaksanaan tersebut. Sehingga pemuda di daerah ini bisa turut serta mempromosikan apa saja yang menjadi keunggulan daerah. Dengan begitu, ketika peserta kirab pemuda kembali ke daerah masing-masing bisa mempromosikan apa yang menjadi keunggulan daerah kita," jelasnya.

Kabid Pemuda Dispora Kaltim Agustianur mengatakan Kirab Pemuda Indonesia dimulai dari dua daerah Sabang dan Merauke. Kemudian, peserta yang akan singgah di Kaltim dijadwalkan mengikuti rangkaian Kirab Pemuda dan Pesta Budaya PPU sejak 27-31 Oktober 2018. "Peserta kirab juga akan mengikuti upacara Sumpah Pemuda di Kantor Bupati PPU," jelasnya.

Guna menyukseskan penyelenggaraan tersebut, Dispora Kaltim sebagai penanggungjawab kegiatan juga melakukan rapat koordinasi baru-baru ini bersama Pemkab PPU 2-3 Agustus 2018. Rapat koordinasi ini untuk memantapkan kesiapan penyelenggaraan dan penyambutan peserta kirab pemuda. "Kita harapkan kirab pemuda nanti sukses dan bisa memberikan manfaat besar bagi daerah," jelasnya. (jay/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation