Pramuka Harus Jadi Pilihan Utama

Pramuka Harus Jadi Pilihan Utama

 

BERAU – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menegaskan, kehadiran gerakan Pramuka dengan revitalisasi yang terus dilakukan dewasa ini akan sangat  membantu daerah dan bangsa ini memiliki generasi yang kuat, berkepribadian, berakhlak mulia dan berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, serta memiliki kecakapan hidup.

Penegasan Wakil Gubernur Mukmin Faisyal tersebut disampaikan saat menjadi pembina upacara pada Jambore Pramuka Penggalang di Bumi Perkemahan Mayang Mangurai, Kabupaten Berau.  Namun diakuinya, minat generasi muda terhadap kegiatan kepramukaan ini dinilainya masih perlu terus ditingkatkan. 

“ Peranan gerakan Pramuka sangat penting dalam strategi pembentukan karakter generasi muda.  Gerakan Pramuka akan menjamin terbentuknya kepribadian dan akhlak generasi yang baik. Sayangnya, Pramuka masih belum menjadi pilihan utama generasi muda. Ini yang harus terus kita dorong agar Pramuka ke depan bisa menjadi pilihan utama generasi muda kita,” kata Mukmin Faisyal di depan 422 peserta jambore, Kamis (20/8).

Pembukaan jambore dihadiri Bupati Berau Makmur HAPK, Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup Kwartir Nasional, H Abdul Shobur dan Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwartir Nasional, Edhita Rahaded. Selain itu tampak pula Kepala Dinas Pariwisata Kaltim HM Aswin, Kepala Dinas Pertanian H Ibrahim, Kepala Bappeda Kaltim Rusmadi dan Ketua Kwartir Daerah Kaltim Hatta Zainal.

Menurut Mukmin gerakan Pramuka harus menjadi wadah pendidikan luar sekolah dengan berbagai macam bentuk metode di alam terbuka yang lebih menarik dan menantang dengan tetap mengacu pada prinsip dan pedoman kepramukaan.

Berbagai kegiatan yang digelar harus pula selalu menyesuaikan dengan perkembangan jiwa anggota Pramuka agar dapat membentuk mental, watak dan karakter sesuai perkembangan zaman, namun tetap kokoh dalam jiwa dan semangat Pancasila.

Dalam jambore yang kali ini mengangkat tema “Membangun Generasi Cerdas yang Berkarakter” tersebut, Wakil Gubernur Mukmin Faisyal juga berharap agar semua anggota Pramuka  mampu mempertahankan budaya hidup bergotong-royong dan kebersamaan di tengah masyarakat

Sedangkan kepada para Pembina Pramuka di semua tingkatan, Mukmin meminta agar koordinasi terus dijalin dengan semua pihak, termasuk pemerintah kabupaten dan kota. Selain itu, para pembina diminta selalu berpegang teguh pada aturan organisasi dengan jiwa pengabdian yang tinggi. 

“Pembina Pramuka harus memiliki jiwa pengabdian dan sukarela yang tinggi untuk membina kepramukaan.  Menunjukkan kepeloporan dan panutan yang membanggakan dalam kehidupan masyarakat dan peserta didik. Karena itulah yang  akan menjadi contoh sehingga gerakan Pramuka akan lebih diminati di masa-masa yang akan datang,” pungkas Mukmin.

Jambore Pramuka Penggalang ini berlangsung 20-25 Agustus dan diikuti 422 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Kaltim, kecuali Kabupaten Paser yang tidak mengirimkan kontingennya.(sul/hmsprov) 

 

//Foto:  Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP (tengah) bersama Bupati dan Pramuka Penggalang peserta Jambore. (syaiful/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation