Pramuka Kaltim Siap Partisipasi di Festival Derawan

SAMARINDA - Kwartir Daerah Pramuka  Kaltim mempersiapkan diri untuk tampil pada Festival Derawan 2013 di Kabupaten Berau. Bukan hanya anggota Pramuka biasa yang disiapkan tetapi juga keikutsertaan Pramuka Peduli Kaltim yang memiliki keahlian khusus penanggulangan bencana dan menyelam.
"Pramuka Peduli Kaltim memiliki beberapa keahlian, salah satunya adalah menyelam. Sehingga mereka nanti disiapkan  untuk berpartisipasi dalam kegiatan Festival Derawan dengan bersiaga di sekitar pantai dan di atas perairan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, H Sigit Muryono, Selasa (16/7).  
Dijelaskan, anggota Pramuka di Kaltim akan berpartisipasi dalam kegiatan bhakti sosial di masyarakat. Khusus anggota Pramuka Peduli Kaltim akan siaga di sekitar pantai dan bahkan disiapkan untuk menjaga keamanan para penyelam.
Kemampuan para anggota Pramuka Peduli Kaltim secara bertahap akan disertifikasi keahliannya. Saat ini keahlian yang dimiliki para anggota ini adalah keahlian menyelam (diving), pemadam kebakaran, petugas pendamping pasca bencana dan rehabilitasi psikologi.  
Anggota  Pramuka Peduli Kaltim  telah terjun di beberapa kali bencana, yakni  tenggelamnya kapal motor di Loa Janan, pemulihan keadaan pasca kebakaran dan lain-lain.  
"Karena merupakan kegiatan baru di kepramukaan Kaltim, keberadaannya masih belum dikenal luas oleh masyarakat. Mereka hanya dibedakan dari rompi dan topi pramuka yang dipakai saja," ujarnya. (yul/hmsprov).
 

Berita Terkait