Pramuka Peduli Dilatih Penyelematan Di Air

Pramuka Peduli Dilatih Penyelematan Di Air

 

SAMARINDA – Terhitung 100 anggota Gerakan Pramuka dari kabupaten dan kota yang tergabung dalam Pramuka Peduli Kaltim dilatih melakukan penyelamatan bagi korban tenggelam di kawasan perairan baik danau, sungai maupun laut.

Menurut instruktur Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim Asli Arpani, setiap anggota Pramuka Peduli harus memiliki kemampuan dan keterampilan berenang khususnya mengetahui dan mengerti cara penyelematan bagi korban tenggelam di perairan.

“Kami rasa setiap diri Pramuka Peduli wajib memiliki kemampuan berenang terutama tata cara penyelamatan  korban tenggelam di perairan yang memang sering terjadi,” kata Asli Arpani, Rabu (12/11).

Dia mengakui, kemampuan dan keterampilan berenang tidak dimiliki setiap orang bahkan sulit untuk memilikinya karena memang tidak semua orang bisa berenang. Padahal, potensi untuk mendapatkan kemampuan berenang saat sekarang ini sudah banyak.

Misalnya, kolam renang maupun danau dan pantai termasuk Sungai Mahakam yang mengalir di beberapa kabupaten dan kota di Kaltim juga anak-anak sungai yang banyak dan tersebar mengaliri daerah lainnya.

Namun, masih sedikit orang memiliki kemampuan berenang khususnya megetahui dan mengerti tatacara penyelamatan bagi korban tenggelam di perairan. “Selama ini sering terjadi kasus korban tenggelam di perairan yang memerlukan pertolongan penyelamatan,” ujarnya.

Asli Arpani berharap para peserta terdiri anggota Pramuka Peduli dari Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega selain memiliki kemampuan berenang juga mampu mengetahui dan megerti tatacara penyelamatan korban tenggelam di perairan.

“Pramuka Peduli ini dibentuk sebagai tim reaksi cepat Gerakan Pramuka di daerah yang nantinya ikut bergabung dengan tim SAR maupun penenggulangan bencana dalam memberikan pertolongan terhadap kasus luar biasa maupun bencana,” ungkap Asli Arpani.

Dalam kegiatan program Pramuka Peduli 2014, Asli Arpani dari Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim memberikan materi keselamatan penyelaman dan instruktur dari Polresta  Samarinda tentang pengaturan lalu lintas serta Dispora dan PMI Kaltim.(yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation