Presiden Kunjungi Tampilan Progres MP3EI Koridor Kaltim

Presiden Kunjungi Tampilan Progres MP3EI Koridor Kaltim

 

JAKARTA – Tidak ingin ketinggalan di ajang nasional Refleksi Pelaksanaan Tiga Tahun Pelaksanaan MP3EI di Jakarta, Pemprov Kaltim melalui Badan Perijinan dan Penaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim menggelar pameran perkembangan pelaksanaan program nasional di Kaltim itu,  di Jakarta Convention Centre baru-baru ini.

Keberadaan stand Kaltim cukup menarik perhatian kepala negara serta jajaran pemerintah pusat dan kepala daerah lainnya. “Sehingga berkenan mengunjungi stan kita yang menampilkan progress MP3EI Kaltim 2011-2025,” ujar Kepala BPPMD Diddy Rusdiansyah, Selasa (9/9).

Ikut mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi stand Kaltim yakni Wakil Presiden Boediono, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (presiden terpilih) dan Menko Ekonomi Chairul Tanjung.

Tampak hadir Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto serta beberapa menteri di jajaran Kabinaet Indonesia Bersatu II, pimpinan BUMN dan para gubernur se-Indonesia maupun tamu dari negara-negara tetangga.

Pada dasarnya menurut Diddy, Presiden SBY terkesan mendengar penjelasan yang disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak dan melihat langsung progress maupun kemajuan capaian pembangunan proyek-proyek MP3EI koridor Kalimantan khususnya Kaltim.

Diddy melanjutkan dalam stand yang hanya berukuran 20 meter persegi itu terdapat 18 display yang semuanya secara jelas dan terinci menampilkan proyek-proyek MP3EI termasuk MP3EI plus yang merupakan hasil inovasi serta kreativitas pemerintah daerah.

“Sehingga, dalam pameran itu jelas tergambar berbagai proyek meliputi kegiatan pembangunan infrastruktur, sektor riil serta sumber daya manusia. Khususnya pembangunan SDM terkait pembangunan ITK, ISBI dan sekolah kelautan di Berau,” jelas Diddy.

Selain itu, Presiden SBY sangat mengapresiasi kinerja dan upaya Pemprov Kaltim dibawah kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak dalam mengimplementasikan program nasional di daerah.

Ditambahkannya, dalam kesempatan itu Presiden mengakui selama tiga tahun berturut-turut (2011-2013) Kaltim masih merupakan provinsi yang terbaik dalam melaksanakan dan pencapaian proyek-proyek MP3EI di Koridor Kalimantan termasuk koridor-koridor ekonomi lainnya di Indonesia.

“Bahkan, Presiden meyakini apabila program MP3EI ini benar-benar terwujud di daerah maka pembangunan nasional ini akan mampu memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga kesejahteraan rakyat akan mudah tercapai,” ungkap Diddy Rusdiansyah.

Karenanya, Presiden didukung para gubernur di Indonesia tetap berharap agar program MP3EI terus dilanjutkan sebab dalam program ini tidak semata membebani APBN maupun APBD yang terbatas anggarannya tetapi mampu melibatkan pihak BUMN dan privat sector atau pihak swasta untuk lebih berperan melaksanakan pembangunan. (yans/sul/hmsprov).

////FOTO :  Gubernur Awang Faroek Ishak saat memberikan penjelasan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terhadap capaian progress proyek MP3EI Koridor Kalimantan khususnya Kaltim.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait