Presiden Resmikan Bandara Maratua Februari 2017


 

SAMARINDA – Secara fisik pembangunan bandar udara (Bandara) Maratua di Kabupaten Berau sudah mencapai 100 persen. Karenanya, direncanakan pada Februari tahun depan bandara yang berkedudukan di pulau terluar Indonesia itu akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saat ini pembangunan Bandara Maratua sudah mencapai 100 persen, sehingga ditargetkan pada 2017 nanti Presiden Jokowi berkenan meresmikan bandara tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong, Selasa (13/12).

Walaupun ada pekerjaan ujarnya, hanya pembangunan fasilitas solar cell (pembangkit listrik tenaga surya) untuk penerangan pelengkap fasilitas bandara sisi darat.

Sementara fasilitas utama baik sisi udara maupun sisi darat berupa runway (landasan pacu), tower (menara pengawas) serta terminal sudah selesai dan siap digunakan.

Saat ini lanjut Salman, pihak intensif berkoordinasi dengan UPTB Bandara Kalimarau Berau untuk persiapan peresmian sekaligus pemanfaatan Bandara Maratua.

Secara khusus Menteri Perhubungan (Menhub) sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak Sekretariat Negara (Setkab) guna menyusun agenda peresmian oleh Presiden Jokowi.

Salman menjelaskan panjang landasan pacu Bandara Maratua mencapai 1.600 meter ditambah panjang ruas pengaman runway 200 meter sehingga panjang mencapai 1.800 meter.

“Dengan panjang keseluruhan mencapai 1.800 meter maka bandara mampu didarati pesawat ATR berbadan lebar dengan kapasitas penumpang sekitar 72 orang,” jelas Salman.

Dia menambahkan kapasitas terminal bandara ini diestimasi mampu menampung 1.000 penumpang per hari. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation