Presiden SBY akan Resmikan Proyek MP3EI

Hari Ini Gubernur Pimpin Rapat Persiapan

SAMARINDA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan kembali ke Kaltim untuk meresmikan sejumlah proyek dalam Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), 15 September mendatang.

Ini merupakan kali kedua, Presiden RI pertama pilihan langsung rakyat Indonesia ini meresmikan proyek-proyek MP3EI di Kaltim, setelah pada 24 Oktober 2012 lalu  meresmikan dua proyek yakni Pelabuhan dan Terminal Peti Kemas Kariangau dan Bandara Kalimarau Berau.

Saat itu, Presiden SBY juga melakukan groundbreaking lima proyek MP3EI lainnya, yakni pengembangan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan (dulu Bandara Sepinggan), Pabrik Pupuk Kaltim 5 di Bontang, Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy di Kutai Timur, Bandara Samarinda Baru (BSB) di Samarinda dan Jembatan Kembar di Samarinda.

Terkait rencana kehadiran Presiden SBY kali ini, Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kaltim, S Adiyat mengungkapkan, Kaltim patut berbangga karena selain meresmikan 7 proyek MP3EI di Kaltim, Presiden SBY juga akan meresmikan 10 proyek lainnya di Indonesia secara bersamaan. Rencananya, peresmian dan groundbreaking akan dipusatkan di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, sekaligus meresmikan terminal baru bandara tersebut.

"Presiden akan meresmikan 17 proyek MP3EI, dimana 7 diantaranya berada di Kaltim. Selain itu, presiden juga akan melakukan groundbreaking, diantaranya untuk ITK (Institut Teknologi Kalimantan) di Balikpapan dan ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) di Kutai Kartanegara," kata Adiyat.

Dijadualkan Presiden SBY akan melakukan penandatanganan prasasti peresmian terminal baru Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan yang merupakan pengembangan bangunan empat lantai dengan luas mencapai 110.000 m2 dengan 11 garbarata. Terminal baru ini mampu menampung hingga 10 juta penumpang pertahun, dimana kapasitas sebelumnya hanya 1,6 juta penumpang pertahun dengan aktifitas mencapai 6,4 juta penumpang pertahun.

Selain meresmikan terminal baru Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Presiden SBY juga akan meresmikan pengembangan terminal baru Bandara Juanda Surabaya dan proyek-proyek MP3EI lainnya.

Adiyat  menambahkan, keesokan harinya, pada 16 September 2014, Menko Perekonomian Chairul Tanjung akan melanjutkan acara dengan melakukan groundbreaking untuk pembangunan jalan tol paket 1 dan 5.

Selain meresmikan pembangunan jalan tol untuk paket 1 dan paket 5, Menko Perekonomian Chariul Tanjung juga akan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK), ditandai dengan peresmian pabrik milik PT Indonesia Platation Sinergy (IPS) dan groundbreaking pabrik baru.

"Guna mempersiapkan rangkaian kunjungan presiden dan Menko Perekonomian itu, maka Senin besok (hari ini) Gubernur Awang Faroek Ishak akan memimpin rapat persiapan bersama para pejabat dan instansi terkait," pungkas Adiyat. (sul/hmsprov)

//Foto: S Adiyat

 

Berita Terkait