Presiden Tinjau Embung dan Fasilitas Air Bersih


 

Awang: Pemerintah Tingkatkan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat

SAMBOJA - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kaltim, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau beberapa proyek APBN di daerah. Jokowi meninjau pembangunan sarana air bersih (air minum) dan pengembangan embung Desa Tani Bhakti Kecamatan Samboja Kutai Kartanegara (Kukar).

Khusus air bersih atau fasilitas air minum diawali dari kegiatan program CSR beberapa perusahaan di kawasan Samboja, sehingga  terkumpul dana sekitar Rp20 juta. Berikutnya dikembangkan dan didukung oleh Kementerian PUPR selanjutnya diprogramkan dan didukung anggaran APBN dari Kementerian Desa PDT Transmigrasi hingga saat ini.

Kapasitas sarana air minum ini mampu mengaliri 400 rumah namun saat ini baru tersambung 69 rumah tangga. Presiden Jokowi meminta masyarakat memanfaatkan secara baik faslitas tersebut untuk peningkatan taraf hidup warga di Desa Tani Bhakti. "Saya minta fasilitas ini terus dikembangkan dan dipelihara dengan baik untuk kesejahteraan rakyat," harapnya, Senin (5/12).

Demikian halnya pembangunan embung atau waduk selain mendukung ketersediaan air untuk pertanian juga berguna untuk bahan baku air bersih masyarakat. Sementara itu Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan pembangunan sarana dan prasarana umum guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di daerah ini terus ditingkatkan.

"Pembangunan infrastruktur dasar ini guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendukung peningkatan taraf hidup," ujarnya.

Awang mengajak seluruh masyarakat khususnya pihak perusahaan untuk meningkatkan kepeduliannya melalui penyaluran  dana CSR kepada masyarakat sekitarnya. Tampak Menteri Desa PDT Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mendampingi Presiden Jokowi serta ibu negara Iriana Joko Widodo meninjau proyek ADD Desa Tani Bhakti Samboja.

Selanjutnya Presiden Jokowi bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung didampingi Gubernur Awang Faroek Ishak dan Iriana Jokowi serta Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi menyerahkan makanan tambahan bagi ibu hamil, balita dan siswa sekolah dasar.

Kegiatan dipusatkan di Lapangan Bima Sakti Lanud AURI Balikpapan. Dalam kesempatan itu diserahkan secara simbolis makanan tambahan kepada 250 ibu hamil, 305 balita dan 500 murid SD.

Program makanan tambahan ini sebagai upaya pemerintah meningkatkan gizi dan kesehatan bagi masyaràkat agar tercipta SDM berkualitas dan cerdas.(yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation