Kalimantan Timur
Prioritas Penyelesaian Sekolah Mangkrak

Wagub Hadi Mulyadi saat melakukan kunjungan ke DinasPendidikan dan Kebudayaan Kaltim. (syaiful/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Tahun anggaran 2019 untuk alokasi kegiatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim akan lebih diprioritaskan pada penuntasan pembangunan sekolah mangkrak dan menumpang. Dimana, pasca pelimpahan kewenangan dan tata kelola jenjang sekolah pendidikan tingkat atas terdapat 10 sekolah menumpang dan 6 yang mangkrak.

Mencermati kondisi tersebut, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi meminta sekaligus menegaskan kepada jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan segera menuntaskan permasalahan yang terjadi di sektor pendidikan pasca pelimpahan kewenangan.

Khususnya pelimpahan kewenangan pengelolaan dan kebijakan dari pemerintah kabupaten dan kota kepada provinsi untuk jenjang pendidikan SMA, SMK maupun SLB. Hal itu disampaikan Wagub Hadi Mulyadi saat memimpin rapat internal di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim di Ruang  Rapat Lantai IV Disdikbud Kaltim, Senin (19/11).

Prioritas yang menjadi fokus penuntasan masalah sektor pendidikan Kaltim pada 2019 diantaranya penyelesaian pembangunan 6 sekolah mangkrak dan pemindahan 10 sekolah menumpang (SMA menumpang di sekolah lain).

WAGUB-DINAS-PENDIDIKAN-4

"Bukan hanya kewenangan dan kebijakan kabupaten dan kota yang dilimpahkan ke provinsi. Juga, permasalahan dilimpahkan ke kita. Pekerjan rumah ini harus diselesaikan guna memenuhi kebutuhan rakyat dalam peningkatan kualitas SDM di daerah," kata Hadi.

Kesepuluh sekolah yang menumpang yakni SMAN 16 serta SMKN 12, SMAN 14 dan SMAN 17 Samarinda, SMAN 1 Tanjung Harapan dan SMAN 8 Penajam Paser Utara. Termasuk, SMKN 2 Sebulu, SMKN 1 Tenggarong Seberang, SMKN 1 Muara Jawa dan SMKN 1 Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sementara 6 sekolah mangkrak terdiri SMAN 1 Tenggarong dan SMAN 1 Tenggarong Seberang, SMAN 2 Penajam Paser Utara, SMAN 4 Berau serta SMKN 29 dan SMAN 17 Samarinda. Rapat dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Hj Dayang Budiati dan diikuti pimpinan UPTD serta kepala bidang dan jajaran pejabat eselon III/IV di lingkungan Disdikbud Kaltim. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait