Produk Kerajinan Tangan Kaltim Potensial Sebagai Komoditi Ekspor

Produk Kerajinan Tangan  Kaltim Potensial Sebagai Komoditi Ekspor

 

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah terus berupaya memotivasi sekaligus memberikan dukungan terhadap pelaku usaha agar produk kerajinan tangan (handicraft) menjadi komoditi ekspor.

Kepala Disperindagkop UMKM Kaltim Mohammad Djaelani, mengatakan salah satu komoditi yang terus dikembangkan dan diberi dukungan permodalan usaha yakni produk handicraft agar menjadi komoditi ekspor.

“Potensi dan produk kerajinan tangan Kaltim tidak kalah bersaing dengan  daerah lain bahkan mampu bersaing di pasar regional, nasional bahkan internasional. Namun perlu dilakukan pengembangan dan dukungan usaha,” ujar Mohammad Djaelani pada Diklat Pengembangan Produk Potensial Daerah di Samarinda, Selasa (20/5).

Djaelani menjelaskan Kaltim termasuk Kaltara merupakan daerah yang kaya akan adat budaya dan memiliki berbagai macam produk kerajinan. Kabupaten dan kota memiliki produk dengan ciri khas tradisi dan budaya.

Misalnya, Samarinda memiliki produk sarung dan batik Samarinda serta batu fosil dan manic serta aksesoris. Kutai Barat dan Kutai Kartanegara terkenal dengan ukiran kayu, Tenun Ulap Doyo, sulam tumpar, kerajinan manik dan rotan.

“Berbagai even pameran dan promosi baik dalam maupun luar negeri diikuti dan produk kerajinan Kaltim cukup diminati. Kondisi ini diharapkan mampu memotivasi pelaku UKM kerajinan untuk mengembangkan produknya,” harap Djaelani.

Sementara itu Kepala Bidang Tata Operasional Balai Besar Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia Kementerian Perdagangan Sobirin mengemukakan potensi kerajinan tangan Kaltim cukup besar namun perlu dikembangkan kualitas dan kuantitas serta produksi yang berkelanjutan.

Diklat pegembangan produk potensial daerah kerjasama Disperindagkop UMKM Kaltim dengan Balai Besar Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia Kementerian Perdagangan dilaksanakan selama tiga hari dan diikuti 30 pelaku UKM Kaltim.(yans/sul/es/hmsprov)

///FOTO :  Narasumber Diklat Pengembangan Produk Ekspor Daerah saat memberikan materi pelatihan pengembangan produk kerajinan tangan.(masdiansyah/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation