Program 2 Juta Ekor Sapi Bukan Mimpi

Gubernur Awang Faroek Ishak menyaksikan proses inseminasi buatan ternak sapi di Kabupaten Paser beberapa waktu lalu. (DOK/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Kehadiran Peraturan Daerah (Perda) Pengendalian Pemotongan Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif akan sangat mendukung program Pemprov Kaltim menyukseskan program dua juta ekor sapi. Gubernur Awang Faroek mengatakan, dengan adanya perda ini, maka program 2 juta ekor sapi bukan hanya menjadi mimpi, tetapi bisa diwujudkan menjadi nyata. Apalagi kata Awang, program ini sudah menjadi komitmen berbagai mitra pemerintah, salah satunya BPD Kaltimtara yang siap memberikan kredit sebanyak 250 ribu ekor sapi. Selain BPD Kaltimtara, BRI juga akan menyiapkan 150 ribu ekor sapi hingga pengusaha sawit siap menyumbang sapi setiap dua hektar sebanyak dua ekor sapi. "Dengan adanya perda ini, kami sangat yakin program 2 juta ekor sapi akan terwujud. Karena kepastian hukum bagi masyarakat sudah ada," kata Awang Faroek Ishak dikonfirmasi di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (3/1). 

 

Awang mengatakan jika melihat partisipasi berbagai mitra, maka menunjukkan sudah melebihi target yang diinginkan. Karena itu, selanjutnya bagimana memacu para peternak untuk lebih semangat beternak. "Kami yakin Perda ini akan lebih memacu peternakan Kaltim," tambahnya. 

 

Bahkan, Awang telah meminta agar HKTI dan KTNA Kaltim dapat memfokuskan program pengendalian ternak sapi dan kerbau produktif. Karena, HKTI dan KTNA merupakan mitra pemerintah yang diharapkan selalu bersamaan membangun daerah, terutama melalui sektor pertanian dalam arti luas, termasuk di dalamnya peternakan. "Semoga pemerintah dan semua pihak dapat mewujudkan program ini dengan baik, sehingga meningkatkan kesejahteraan rakyat di masa akan datang," pungkasnya.  (jay/sul/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation