Program Adiwiyata Dukung Pendidikan LH di Sekolah, Tahun Ini, BLH Berikan Penghargaan 60 Sekolah

SAMARINDA - Program Adiwiyata sangat baik untuk membudayakan perilaku yang peduli lingkungan hidup bagi para siswa di sekolah, sehingga segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang menjadi dasar manusia menuju kepada cita-cita pembangunan yang berkelanjutan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kaltim H Bere Ali mengatakan tujuan program Adiwiyata adalah untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik. Sekaligus mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Melihat persoalan lingkungan hidup yang terjadi dan kapasitas sumberdaya manusia yang memanfaatkan serta mengelola lingkungan hidup. Maka program pendidikan lingkungan hidup pada jenjang dasar dan menengah perlu terus dikembangkan guna memberikan pemahaman, penyadaran dan tuntunan kepada siswa dalam bersikap dan berprilaku peduli serta berbudaya lingkungan. "Pemangku pendidikan di pusat, provinsi maupun kabupaten/kota dapat bekerjasama dan bahu membahu dengan pihak lain untuk melaksanakan pengelolaan dan menyukseskan program Adiwiyata," kata Bere Ali.

Tahun ini, sebut Bere Ali, pihaknya (DLH) telah melaksanakan penilaian program Adiwiyata di sembilan kabupaten dan kota (selain Kabupaten Mahulu). Dari hasil penilaian ada 60 sekolah yang berhasil memperoleh predikat sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kaltim. "Jumlah itu terdiri tingkat SD/MI sebanyak 45 sekolah, tingkat SMP/MTs 14 sekolah dan tingkat SM/MA satu sekolah," ungkapBere Ali.(mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait