Program Beasiswa akan Ditingkatkan

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menegaskan akan terus berkomitmen dalam peningkatan SDM melalui pendidikan, salah satu bentuknya berupa pemberian beasiswa kepada pelajar /mahasiswa berprestasi atau yang kurang mampu.
“Saya selaku Gubernur Kaltim berkomitmen program beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa pada 2014 akan ditingkatkan lagi, baik jumlah dana maupun jumlah penerima dari 30.000 orang per tahun menjadi 40.000 orang,” sebut Gubernur Awang saat menyerahkan beasiswa Kaltim Cemerlang secara simbolis kepada penerima di GOR Segiri Samarinda, Jumat(23/8)
Awang mengatakan, Pemprov Kaltim sejak 2009 sampai 2013 telah mengalokasikan dana pendidikan melalui APBD I Pemprov Kaltim sebesar 20% sesuai amanat Undang Undang Pendidikan No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) termasuk  dengan pemberian Beasiswa Kaltim Cemerlang kepada pelajar, mahasiswa, sarjana, magister dan program doktoral.
 “Sejak 2009 hingga 2012 tiap tahun anggaran kita alokasikan beasiswa sebesar Rp 70 miliar,  pada tahun ini alokasi anggaran untuk beasiswa kita tambah yaitu sebesar Rp 101 miliar,” ujar Awang.
Jumlah penerima setiap tahun anggaran berjumlah 30.000 orang, belum termasuk beasiswa untuk PNS, guru, pendidik PAUD,  pelajar SMA Negeri 10 Samarinda dan pelajar SKOI Samarinda.
“Atas dasar itu Kaltim mendapatkan penghargaan Rekor MURI dalam rangka Pemberian Beasiswa terbesar sejak tahun 2009 sampai dengan 2013 berjumlah 187.000 orang,”  kata Awang.
Selain pemberian beasiswa tentang kebijakan Pemprov Kaltim pada bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan SDM, diantaranya pemberian ana BOSDA untuk pelajar SMA/SMK/MA, insentif guru, insentif pendidik PAUD dan subsidi dana pendidikan. Pengelolaannya diserahkan ke Pemerintah  Kabupaten/Kota seKaltim, khusus dana pendidikan yang disubsidi  pada 2013  mencapai  Rp 670 miliar.
“Kita juga mengadakan diklat bagi guru formal, pengajar PAUD, tutor pusat kegiatan belajar masyarakat dan lain-lain,” pungkasnya. (gie/hmsprov)

 

//Foto: Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak bersama para penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang. (johan/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait
Government Public Relation