Program CSR Harus Sejalan dengan Pembangunan Daerah

DENPASAR - Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan sejumlah perusahaan hendaknya disinergikan dengan berbagai program pemerintah, sehingga  tetpat sasaran, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Hal itu dikatakan Wagub Kaltim H Farid Wadjdy, di sela-sela menghadiri penganugerahan MDG Awards 2012 di Denpasar Bali, Selasa (26/3), terkait program CSR yang dilakukan sejumlah perusahaan di daerah ini.
 Farid mengimbau agar sejumlah forum pengusaha berinisiatif untuk mendukung program pembangunan daerah, melalui CSR, misalnya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM, berupa pemberian beasiswa dan sarana infrastruktur yang berdampak positif bagi masyarakat di sekitar perusahaan.
“Melalui dukungan tersebut diharapkan bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tepat guna. Artinya, jika hal itu dilakukan, ada singkronisasi dan koordinasi yang baik telah terjalin, antara program pemerintah dan pengusaha atau perusahaan,” kata Farid Wadjdy.
 Dia mencotohkan, Pemprov Kaltim memberikan bantuan beasiswa  kepada ribuan warga Kaltim untuk membantu masyarakat yang beprestasi, tidak mampu dan rakyat yang tinggal di kawasan perbatasan serta pedalaman. Selain itu juga program pengembangan peternakan untuk mencapai swasembada daging di daerah ini.
Sejumlah perusahaan melakukan hal yang sama, sehingga kian banyak warga yang terbantu, misalnya yang dilakukan PT Pupuk Kaltim di Bontang memberikan beasiswa kepada pelajar di daerah tersebut.  Demikian juga yang dilakukan PT KPC, dengan program pengembangan ternak sapi di areal bekas tambang batu bara yang manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.
Menurut dia, dengan dukungan tersebut, baik perusahaan kecil dan besar  telah berkontribusi terhadap pembangunan daerah. Apalagi, Kaltim memiliki ribuan perusahaan yang beraktivitas di 14 kabupaten dan kota yang bila disinergikan akan berdampak besar bagi masyarakat di daerah ini.
Namun demikian, lanjut dia, Pemprov Kaltim tidak akan melihat jumlah dan status perusahaan tersebut dalam memberikan bantuan. Tetapi, bagaimana kemauan dan itikad baik  yang diberikan untuk mendukung pembangunan daerah.
“Agar hal ini dapat terjalin dengan baik, Pemprov Kaltim berupaya melakukan koordinasi dan silaturrahim bersama  sejumlah perusahaan di daerah, sehingga terjalin sinergi yang kuat," ujarnya.
Bukti nyata sinergi tersebut adalah, ketika  sejumlah perusahaan berpartisipasi mendukung pemerintah daerah menyukseskan PON 2012 melalui program bapak angkat dan ini telah terbukti berjalan dan Kaltim mampu meraih lima besar pada ajang perhelatan olahraga nasional itu.(jay/hmsprov).

////Foto : H Farid Wadjdy

Berita Terkait