Program Hemat Energi, Gubernur Dukung Pemadaman Listrik Satu Jam

Gubernur Awang Faroek menerima kunjungan anak-anak muda yang tergabung dalam Earth Hour Samarinda. (seno/humasprov)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengapresiasi dan siap mendukung program penghematan energi yang akan dilaksanakan anak-anak muda yang tergabung dalam Earth Hour Samarinda. Kegiatan ini biasa dilaksanakan setiap tahun di Indonesia bahkan secara global di dunia, dalam bentuk pemadaman listrik selama satu jam pada malam hari.

 

"Ini yang keempat kalinya saya mendukung program tersebut. Saya segera terbitkan imbauan untuk pemadaman listrik, ketika pelaksanaan nanti. Tetapi, sebelumnya pihak penyelenggara harus berkoordinasi terlebih dulu dengan PLN agar mengabarkannya kepada masyarakat," kata Awang Faroek Ishak didampingi Juru Bicara Gubernur, Hendro Prasatyio saat menerima kunjungan pengurus Earth Hour Samarinda dipimpin Tino Tindangen di Pendopo Lamin Etam, Kamis (8/3).

 

Awang mengatakan, program tersebut sejalan dengan program Pemprov Kaltim, yakni Kaltim Hijau. Di mana, program ini bertujuan untuk mengurangi efek gas rumah kaca.  Karena itu, Awang meminta agar semua stakeholder di Kaltim dapat mendukung ini, termasuk PLN. Kegiatan, dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kaltim. "Apabila, PLN sudah siap mendukung, maka Gubernur segera terbitkan imbauan kepada masyarakat di Kaltim, khususnya Samarinda agar tidak kaget ketika ada pemadaman listrik selama satu jam, yang dimulai sejak pukul 20.30-21.30 wita," jelasnya.

 

Humas Earth Hour Samarinda Tino Tindangen mengatakan kegiatan tersebut rencana dilaksanakan 24 Maret 2018. Sesuai arahan Gubernur Awang Faroek Ishak, agar masyarakat tidak panik ketika pemadaman listrik. Karena, penyelenggaraan ini biasa dilaksanakan tiga kali. "Penyelenggaraan ini yang keempat kalinya. Program ini berawal dari kampanye di Kota Sydney, Australia dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca di kota tersebut. Semoga, program ini bisa diketahui masyarakat Kaltim," ucapnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait