Program Kaltim Bangkit 2013 Terus Lakukan Revitalisasi Pertanian

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Drt H Awang Faroek Ishak mengatakan, kinerja pertanian sekarang ini sudah mampu  menunjukkan perbaikan, namun belum optimal masih jauh dari yang diharapkan.
"Kondisi tersebut Pemprov Kaltim dengan Program Kaltim Bangkit 2013 terus melakukan revitalisasi pada sektor pertanian, tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat petani, nelayan dan peternak," kata Gubernur Awang Faroek Ishak pada Wisuda XXV Politeknik Negeri Samarinda di GOR Segiri, Kamis (10/10).
Terhadap permasalahan tersebut dan besarnya beban, tugas dan tanggung jawab Pemerintah pada pembangunan pertanian dalam arti luas, maka sangat diperlukan adanya dukungan dari semua pihak di dalam masyarakat untuk memajukan sektor pertanian.
Pemprov Kaltim sendiri  juga mempersiapkan lokomotif ekonomi baru yang berbasiskan Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbaharui, dengan tidak lagi mengekspor bahan mentah, namun menjadi eksportir bahan olahan yang memiliki daya saing, nilai tambah dan mampu memberikan multiplier effect yang signifikan bagi kesejahteraan rakyat yang berkelanjutan.
"Maju tidaknya bidang pertanian di Kaltim ditentukan seberapa jauh kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini. Karena hanya SDM yang memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual akan mampu membangun dirinya dan masyarakatnya," ujarnya.  
Karena itu, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda sebagai bagian dari pusat kaum intelektual, sudah seharusnya memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah ini agar masyarakatnya semakin maju dan sejahtera.
"Saya melihat betapa pentingnya kehadiran dan kiprah Politeknik Pertanian Negeri Samarinda yang kita banggakan ini yang diharapkan dapat menyiapkan SDM yang berkualitas, andal dan profesional," ungkapnya.
Kedepannya, Program Rice Estate dan Food Estate di Kaltim dan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional  Maloy juga membutuhkan tenaga kerja, diharapkan lulusan Politeknik Negeri Samarinda mampu berkiprah di kedua program tersebut..
Pada wisuda  angkatan ke-XXV Politeknik Negeri Samarinda diawali rapat senat terbuka luar biasa Dies natalies ke XVI  disaksikan  799 mahasiswa yang akan diwisuda dan ribuan undangan memadati tempat yang disediakan.(sar/hmsprov).
 

Berita Terkait