Program Kaltim Green Terus Berlanjut


SAMARINDA - Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim H Wahyu Widhi Heranata, menjelaskan,  program Kaltim Hijau (Kaltim Green) dengan slogan One Man Five Trees (satu orang tanam lima pohon) yang dicanangkan sejak 2010 lalu terus berlanjut hingga 2016. Realisasi penanaman hingga saat ini sudah mencapai 315.981.926 batang.
"Kesuksesan penanaman pohon ini berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat di kabupaten dan kota untuk menanam pohon di lingkungan masing-masing. Kekompakan pemerintah, swasta dan masyarakat tentu sangat penting," kata H Wahyu Widhi Heranata, Jumat (20/5 lalu.
Guna menyukseskan program tersebut,  Pemprov Kaltim mengimbau seluruh pemerintah kabupaten dan kota untuk menginstruksikan kepada seluruh perusahaan batubara dan perkebunan untuk melakukan reklamasi atau penanaman pohon kembali terhadap lahan-lahan yang telah dibuka.
"Yang jelas, Pemprov Kaltim akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota maupun semua perusahaan   agar  merealisasikan gerakan penanaman pohon ini," kata Widhi.
Menurutnya,  melalui program Kaltim Hijau (Kaltim Green) Pemprov Kaltim sangat berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon (CO2) hingga 26 persen pada tahun 2020 mendatang.
Karena Kaltim merupakan jantung pulau Kalimantan (Heart of Borneo) dan untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan, tentu merupakan tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan dan  kebijakan di Kaltim menyukseskan program Kaltim Green maupun program  nasional untuk menurunkan emisi karbon 26 persen.
"Kaltim Green akan memberikan perlindungan sosial dan ekologis   terhadap masyarakat di Kaltim, bukan itu saja tetapi juga memberikan jaminan jangka panjang terhadap keselamatan dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (mar/sul/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation