Program Pramuka Peduli Strategis untuk Kembangkan SDM Kaltim

Bere Ali saat menyematkan tanda peserta kegiatan Gerakan Pramuka Peduli.(ist)

SAMARINDA – Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana/orang muda berkarya) sebagai organisasi pendidikan yang selama ini dinilai telah melakukan kegiatan bhakti masyarakat sekaligus pembangunan di masyarakat sebagai wujud Satya dan Dharma Pramuka.

“Kita sangat mendukung program Pramuka Peduli sebagai upaya strategis pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas dan terampil,” kata Sekretaris Majelis Pembimbing (Mabi) Gerakan Pramuka Kaltim H Bere Ali saat mewakili Ketua Mabi Kaltim Awang Faroek Ishak pada kegiatan Pramuka Peduli Kaltim 2014 di Samarinda, Senin (10/11).

Anggota Pramuka Peduli menurut dia, terpanggil bersama-sama masyarakat dan pemerintah melakukan kegiatan penanggulangan bencana dan pelestarian lingkungan hidup melalui pendekatan Tri Bina (Bina Diri, Bina Satuan dan Bina Masyarakat).

Upaya pengembangan diri untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota Gerakan Pramuka melalui Program Pramuka Peduli yang telah dilaksanakan sejak 12 tahun lalu.

Program tersebut diarahkan bagi anggota Gerakan Pramuka agar lebih peduli terhadap lingkungan dan masyarakat terutama pada saat sedang mengalami musibah ataupun bencana  sekaligus mempersiapkan generasi tangguh dalam menghadapi tantangan kedepan.

“Kita ingin terbentuk generasi yang tangguh, mandiri serta mampu menghadapi tantangan ke depan, terutama memiliki respon cepat dalam memberikan bantuan atau kepedulian tinggi kepada masyarakat dan lingkungan apabila terjadi bencana,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H Fachruddin Djaprie mengatakan kegiatan ditujukan untuk menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial dalam diri anggota Pramuka agar berbudi pekerti luhur, memahami kondisi lingkungan dan masyarakat.

Selain itu, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi anggota  Pramuka terkait upaya pengembangan SDM, penangulangan bencana dan pelestarian lingkungan hidup bersama masyarakat, pemerintah, lembaga swadaya dan organisasi masyarakat.

Peserta  kegiatan berjumlah 100 orang terdiri Pramuka Peduli Penegak dan Pandega Kwarda Kaltim 40 orang, Samarinda, Bontang dan Kutai Kartanegara masing-masing 20 orang. Acara ini juga dihadiri Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim HM Hatta Zainal. (yans/sul/es/hmsprov).

////FOTO : Sekretaris Majelis Pembimbing (Mabi) Gerakan Pramuka Kaltim H Bere Ali mengalungkan tanda peserta pada Pramuka Peduli Kaltim 2014.(masdiansyah/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation