Program Siswa Mengenal Nusantara


SAMARINDA - Sejumlah 20 siswa asal Provinsi Banten diterima Pemprov Kaltim di Bumi Etam Kaltim untuk mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2016 yang merupakan program BUMN untuk Negeri. Pelajar asal Banten tersebut akan menjalani program ini selama seminggu sejak 7-14 Agustus 2016, waktu program ini sama halnya dengan yang dijalani pelajar asal Kaltim ke Banten.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali berharap melalui program tersebut dapat membangun siswa untuk mengenal keberagaman di Kaltim maupun di Banten bagi siswa asal Kaltim.

“Indonesia memiliki beragam adat istiadat, suku maupun budaya, termasuk di Kaltim. Diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan pemahaman para pelajar Indonesia, khususnya Banten dan Kaltim untuk mengenal keberagaman di daerah masing-masing,” kata Bere Ali di Pendopo Lamin Etam Kaltim, Senin (8/8).

Program ini dinilai memberi manfaat besar bagi pengetahuan generasi muda, yang dimulai sejak jenjang SMA sederajat. Melalui program tersebut peserta SMN dapat meningkatkan karakter bangsa. Karena, saling mengenal dan menghargai adat dan istiadat di masing-masing daerah.

Selain itu, peserta juga mengenal keanekaragaman budaya serta kekayaan alam di daerah, baik yang di Kaltim maupun di Banten. Dengan mengenal kondisi daerah, diharapkan peserta dapat mempromosikan budaya dari daerah masing-masing.

“Kami harap kegiatan ini bukan hanya sekedar jalan-jalan, tetapi betul-betul belajar. Apalagi, di Kaltim memiliki visi mewujudkan Kaltim sejahtera yang merata dan berkeadilan berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan dan misi salah satunya adalah mewujudkan kualitas lingkungan yang baik dan sehat serta berperspektif perubahan lingkungan, melalui program Kaltim Hijau atau Kaltim Green. Diharapkan ini dapat disampaikan pelajar Banten jika kembali ke daerah,” jelasnya.(jay/es/humasprov).

Berita Terkait