Progres Proyek Jembatan Mahakam IV 88 Persen

Jembatan Kembar, Mahkota IV. (humasprov kaltim).

SAMARINDA - Kapala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PU-PUR) Kaltim Ir Taufik Fauzi mengatakan pembangunan Jembatan Mahakam IV kini terus dikebut dan sat ini progresnya sudah menacapi 88 persen. "Kita targetkan bentang tengah jembatan tersebut sudah tersambung pada akhir November, baik dari sisi Samarinda Kota maupun sisi Samarinda Seberang, "kata Taufik Fauzi.

Ada tiga kegiatan yang dilaksanakan sekarang yaitu pembangunan untuk sisi Samarinda Kota tinggal pemasangan gierder untuk pier (tiang) 10 dan 11. Sementara yang sudah selesai pemasangan gierdernya dilanjutkan dengan parapian jalan dengan pengaspalan termasuk perapian unttuk sayap kiri dan sayap kanannya. Kemudian untuk sisi Samarinda Seberang untuk jalan pendekat sudah selesai semua, tinggal pemasangan rangka jembatan untuk pier 14.

"Untuk rangka bentang tengahnya  masih terus dilaksanakan, namun adanya faktor cuaca, sehingga menghambat pemasangan. Sebelumnya kita terget 19 Nopember sudah nyambung, tetapi karena sering hujan maka target tersebut meleset. Kita harapkan akhir November ini sudah bisa tersambung," katanya.

Untuk mengejar target tersebut, pihaknya akan meminta ijin kepada Kesyahbandaran dn Otoritas Pelabuhan (KSOP) Samarinda, untuk menambah jam kerja mulai pagi sampai pukul 22.00 Wita, yang sebelumnya dimulai pagi sampai  pukul 18.00 Wita. "Untuk mengejar target tersebut, kita meminta penambahan waktu, mulai pukul 06.00 pagi sampai pukul 22.00, sehingga pengerjaan rangka (bentang) tengah sudah tersambung akhir November nanti. Secara simultan ketiga kegiatan  pembangunan Jembatan Mahakam IV akan terus dikebut pengerjaannya," papar Taufik Fauzi.

Seperti diketahui pembangunan Jembatan Kembar ada tiga kegiatan yaitu pembangunan untuk bentang tengah dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan. Kemudian jalan pendekat sisi Samarinda Kota dikerjakan PT Waskita Karya dan KSU Surya Bhakti dan jalan pendekat sisi Samarinda Seberang dikerjakan PT Jaya Kontruksi.(mar/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation