Promosi Empat Provinsi Kalimantan Lewat Tarian

JAKARTA – Empat provinsi di Kalimantan akan menampilkan tarian khas masing-masing daerah dalam gelaran Explore Exotica of Borneo 2013 di anjungan Kaltim, Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, hari ini (Sabtu). Tarian-tarian tersebut merupakan media promosi bersama empat provinsi di Kalimantan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim, HM Aswin usai pelaksanaan gladi kotor peserta Jumat sore (8/6).

“Acara ini merupakan kesepakatan bersama empat provinsi di Kalimantan dalam mempromosikan seni dan budaya masing-masing secara berkala. Untuk saat ini, Kaltim ditunjuk menjadi tuan rumah, sehingga mendapat porsi dominan dalam menyajikan seni dan budayanya,” jelas Aswin. 

Adapun tarian yang disajikan oleh kontingen Kaltim diantaranya adalah Tari Ganjar Ganjur dari Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai tari selamat datang, Tari Sarung Samarinda dari Kota Samarinda, Tari Persahabatan dan Tari Enggang dari Kutai Barat, Tari Panglima Upak Pontun dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Tari Ngarang Buan dari Kabupaten Nunukan, dan Tari Iluk Jepin Persembahan dari Kabupaten Malinau.

Selain itu Kaltim juga akan menampilkan aneka kuliner, baik jenis masakan maupun kue-kue tadisional daerah yang kerap menjadi hidangan masyarakat Kaltim pada umumnya.

Sementara itu, Provinsi Kalimantan Selatan akan menampilkan Tari Irama Bambu, Kalimantan Barat menampilkan tari  berjudul Gawai dan Kalimantan Tengah menampilkan Tari Ganggereng dan Tari Wadian Dadas.

Selain itu juga akan ada peragaan busana dari Disbudpar Kaltim dan perwakilan provinsi lainnya serta Paduan Suara yang akan menyanyikan lagu “Heart of Borneo” dan “Olah Bebaya.”

“Selain kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta rombongan, rencanaya juga ada dihadiri Gubernur Kalsel, Kalbar dan Kalteng. Kita berharap kegiatan Explore Exotica of Borneo 2013 ini dapat menjadi promosi bersama yang efektif bagi pariwisata di Kalimantan,” harapnya. (yul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation