Promosikan Program Pangan ke Tingkat Nasional

Kaltim Ikuti Agrinex Expo 2014

SAMARINDA-Mewujudkan kemandirian pangan di daerah dan menyukseskan program kemandirian pangan secara nasional, Kaltim siap mempromosikan perkembangan dan potensi daerah dalam even bertajuk Agrinex Expo ke-8 2014 di Jakarta. Melalui even tersebut, Kaltim akan menyampaikan fakta dan data tentang produk-produk potensial daerah, terutama terkait bidang pangan. 

“Misalnya, perkembangan program food and rice estate di beberapa daerah, terutama di Bulungan yang telah berproduksi. Kemudian Kaltim juga akan mempromosikan produk Padi Adan dari Nunukan yang sudah siap jual. Termasuk produksi buah naga dan pepaya mini,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim H Fuad Asaddin, Rabu (26/3).

Produk pangan lain yang juga akan dipromosikan dalam event nasional ini adalah kepiting soka dari Tarakan. Kaltim berupaya memanfaatkan event ini untuk menampilkan informasi dan potensi agribisnis, perikanan dan peternakan di daerah dengan lugas dan lengkap.

“Bukan hanya program itu saja yang akan dipromosikan Pemprov Kaltim melalui even tersebut, tetapi juga perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang selama ini memiliki usaha unggulan dengan kearifan lokal,” jelasnya.

Melalui even tersebut, Pemprov Kaltim berharap masyarakat nasional dan internasional dapat mengetahui potensi dan peluang usaha di Kaltim dan melanjutkannya dengan investasi yang konkrit ke daerah ini.  

Kaltim sudah mengikuti even tersebut selama empat kali. Bahkan Kaltim selalu mendapatkan penghargaan dalam setiap penyelenggaraan Agrinex.  Dari kegiatan yang selalu diikuti tersebut, potensi Kaltim selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke stand expo Pemprov Kaltim. Contoh, pepaya mini Balikpapan, beras Adan dan kepiting soka Tarakan. Potensi-potensi itu selalu dicari para pengunjung expo.

Selain itu, dari even tersebut Pemprov Kaltim juga mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan potensi dan keunggulan pangan daerah melalui talkshow yang akan disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi.

“Dari kegiatan tersebut, diharapkan Kaltim dapat dikenal, bahkan juga turut berkontribusi terhadap upaya membangun ketahanan pangan nasional,” jelasnya.

Intansi di lingkungan Pemprov Kaltim yang terlibat dalam even tersebut, antara lain, BKPP Kaltim, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Balitbangda, Disperindagkop dan UMKM, Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD), Distamben dan Dinas Pekerjaan Umum Kaltim. (jay/sul/hmsprov)

////FOTO : Fuad Asaddin

Berita Terkait
Government Public Relation