Promosikan Situs Yupa Muara Kaman


 

SAMARINDA - Provinsi Kaltim  memiliki banyak potensi wisata, baik wisata budaya, sejarah, religi hingga wisata alamnya yang indah untuk menarik  kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Kaltim. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengharapkan agar potensi-potensi wisata yang dimiliki oleh masing-maisng daerah,  kiranya bisa terus dikembangkan dan dikelola secara profesional.  Salah satunya ke situs Prasasti Yupa  dan Lesong  yang merupakan salah satu  bekas kerajaan hindu tertua di Indonesia di Gunung Brubus, Muara Kaman  Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Menurut Awang Faroek, Muara Kaman merupakan salah satu daya tarik Kabupaten Kutai Kartanegara dalam bidang sejarah. Di sana ditemukan situs kerajaan hindu tertua di Indonesia, tepatnya di Gunung Brubus. Keberadaan  situs prasasti tentu menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim, karena kerajaan Hindu tertua  berada di Benua Etam. "Oleh karena itu, diharapkan Kabupaten Kutai Kartanegara dapat terus meningkatkan potensi wisata Muara Kaman dengan membangun infrastruktur  sarana dan prasarana pendukungnya, serta terus melakukan promosi baik di daerah, nasional maupun internasional, sehingga dapat mendukung peningkatan kunjungan wisata ke Kaltim," kata Awang  Faroek Ishak.     

Untuk promosi lanjut Awang Faroek, Pemprov Kaltim telah melakukan kerjasama promosi bersama  Pemprov Bali dan Yogjakarta. Diharapkan kerjasama promosi bersama  tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kaltim dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Selain promosi, yang perlu dilakukan adalah pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana obyek wisata di masing-masing daerah. Pemprov Kaltim melalui Dinas Pariwisata dengan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota dan pemangku kepentingan lainnya harus terus bersinergi," pinta Awang. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait